Fakultas Kedokteran UI Mengukuhkan 2 Guru Besar Tetap di FKUI

#Liputanmedia

Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia mengukuhkan 2 Guru Besar Tetap FKUI di Aula Imeri FKUI Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Sabtu (16/10/2021).

antvklik.com – Dua guru besar tersebut Prof. dr. Harrina Erlianti Rahardjo, SpU(K). PhD dan Prof. dr. Ponco Birowo. SpU(K), PhD.

Menurut Harrina Erlianti Rahardjo ada 5 guru besar yang dikukuhkan hari ini, dua diantaranya dari Fakultas Kedokteran.

“Ada 5 guru besar yang dikukuhkan, di Fakultas Kedokteran ada 2 orang,” ungkap Harrina.

Ia menjelaskan untuk menjadi seorang guru besar ada sejumlah tahapan yang harus dilalui.

“Kita memang harus mengumpulkan beberapa kegiatan, ada penelitian, ada publikasi di berbagai jurnal Internasional dan Nasional. Kita juga harus mendidik mulai dari mahasiswa sampai S3. Kemudian kita juga harus melakukan pelayanan dan juga mengabdi masyarakat,” jelas Harrina.

Harrina juga mengaku sebelumnya telah mengambil spesialisasi S3 bidang urologi di Jerman.

“Saya mulai aktif bekerja di departemen urologi itu mulai 2010 sejak selesai S3 di Jerman kemudian di tahun 2021 ini SK guru besar ini keluar,” ujar Harrina.

Harrina juga menjelaskan akan lebih fokus dan berkarya di bidang urologi FKUI.

“Saya akan terus berkarya dan mendidik. Namanya guru besar akan terus mendidik di S1, S2, dan S3. Kebetulan juga saya sebagai staff departemen urologi FKUI RSCM, juga sekretaris program S3 Ilmu kedokteran tentu akan banyak berkecimpung di bidang tersebut,” ungkap Harrina.

Selain itu juga akan mengembangkan keilmuan bidang urologi.

“Bidang urologi fungsional, perempuan dan neo urologi ini memang dibandingkan bidang lain agak mulainya belakangan tapi sekarang sudah mulai berkembang. Sudah mulai banyak alat-alat, tindakan, obat dll yang berkembang cukup pesat. Sehingga nanti kita kembangkan. Sehingga banyak lagi orang yang tertarik di bidang ini,” jelas Harrina.

Sementara itu guru besar lainnya Prof. dr. Ponco Birowo. SpU(K), PhD. menjelaskan sebagai guru besar akan memberikan sejumlah kontribusi kepada FKUI.

“Tugas utama mendidik mahasiswa. Pertama mendapatkan penelitian lebih baik karena kita selalu melakuan inovasi atau penelitian. Nanti itu bisa diterapkan satu pada pasien nanti juga bisa dilatih untuk mahasiswa kita. Supaya mahasiswa kita dapat melayani dan menghasilklan dokter yang lebih baik lagi,” ungkap Ponco.

Ia berpesan jika ingin menjadi pengajar atau profesor ada sejumlah tahapan yang harus dilalui.

“Kalau mau jadi profesor atau penajar harus melakukan 3 hal; pendidikan , penelitian dan pengabdian masyarakat. Itu yang harus kita kerjakan untuk pendidikan kita harus melakukan pengajaran mahasiswa saya. Penelitian harus menghasilkan satu publikasi berkualitas internasional. Pengabdian masyarakat, saya melayani pasien dan juga melayani kegiatan sosial bersama teman-teman saya,” jelas Ponco.

Sumber berita: https://www.antvklik.com/…/fakultas-kedokteran-ui…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *