UI Buka Sentra Vaksinasi di Kampus Salemba, Cek Kuota dan Cara Daftarnya

#Liputanmedia

Jakarta – Universitas Indonesia (UI) membuka sentra vaksinasi untuk sivitas akademika dan masyarakat umum mulai tanggal 6-17 September 2021. Sentra Vaksinasi Kampus Salemba UI ini terletak di Rumah Sakit Khusus Gigi dan Mulut (RSKGM) Fakultas Kedokteran Gigi (FKG UI), Salemba.

Wamenkes RI dr. Dante Saksono Harbuwono mengatakan, vaksinasi menjadi salah satu pilar mengatasi pandemi COVID-19, di samping deteksi dengan testing dan tracing, pemberian panduan protokol kesehatan dan pengobatan di RS, dan edukasi pada masyarakat untuk menerapkan prokes di daerah masing-masing.

“Vaksinasi menjadi sangat penting karena data dari angka kematian di RS adalah 94% yang meninggal belum menerima vaksinasi,” kata Dante saat pembukaan sentra, seperti dikutip dari laman UI.

Direktur Kerja Sama UI Dr. Toto Pranoto, S.E., M.M. mengatakan, target peserta vaksinasi di Sentra Vaksinasi Kampus Salemba adalah 5.000 akseptor. Vaksinasi ini ditargetkan bagi warga sekitar dan warga DKI Jakarta yang belum menerima vaksin COVID-19.

Dekan FKG UI Prof. Lindawati mengatakan, Sentra Vaksinasi Kampus Salemba akan berlangsung selama sepuluh hari dari tanggal 6-17 September 2021 dengan target 500 orang per hari. “Pelaksanaan Sentra Vaksinasi ini juga melibatkan alumni,” kata Lindawati.

Dekan FKUI Prof. Ari Fahrial Syam mengatakan, ia berharap keberadaan Sentra Vaksinasi Kampus Salemba dapat membuat masyarakat DKI Jakarta yang belum divaksin dapat segera mendapat vaksin seraya mematuhi aturan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, dan menjaga jarak.

Kuota dan jenis vaksin

UI memberi kuota 500 vaksin per hari dengan akses pendaftaran via daring (online), dengan fasilitas tempat parkir, fasilitas umum di luar ruangan dan akses untuk lansia, serta goodie bag untuk 2.000 pendaftar pertama.

Jenis vaksin yang digunakan di Sentra Vaksinasi Kampus Salemba UI adalah Sinovac dan Moderna. Vaksin tersebut diperuntukkan bagi mahasiswa UI, sivitas UI, mahasiswa dari universitas se-jabodetabek, masyarakat umum, dewasa dan anak-anak.

Vaksin Moderna ditujukan bagi masyarakat umum yang belum mendapatkan vaksin dosis 1 dan 2 yang memiliki KTP DKI dan berdomisili di DKI dengan melampirkan surat resmi keterangan dari RT/RW.

Sementara itu, vaksin Sinovac dosis 1 atau 2 di sentra ini bisa didapatkan peserta berusia 12-17 tahun, ibu hamil, dan kondisi khusus yang tidak bisa mendapat vaksin selain Sinovac dengan melampirkan surat pemeriksaan dokter.

Dalam penyediaan vaksin, UI bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan RI, Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, tenaga kesehatan dari Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi serta RSCM.

Pelaksanaan vaksinasi di Sentra Vaksinasi Kampus Salemba didukung oleh tenaga kesehatan Rumpun Ilmu Kesehatan UI, terutama Fakultas Kedokteran (FKUI) dan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG UI). Sementara itu, Sentra Vaksinasi Kampus Salemba didukung Salim Group dan mitra sponsor yang terdiri dari BAZNAS BSMU, PT Paragon Technology and Innovation, PT Mustika Ratu Tbk, BNI Life, Shopee Indonesia, dan Modena.

Syarat vaksinasi untuk umum

– Berusia 12 – 60 tahun

– Peserta usia 18 – 60 tahun membawa KTP

– Peserta berusia 12-17 tahun membawa Kartu Keluarga (KK)

Cara daftar vaksinasi

Pendaftaran Sentra Vaksinasi UI Salemba dilakukan secara daring (online) melalui akses scan QR code atau pada tautan http://tiny.cc/VAKSIN-RSKGM-UI-500 .

Vaksinasi di Sentra Vaksinasi Kampus Salemba diberikan secara gratis.

Pelayanan sentra vaksinasi Covid-19 UI Salemba beroperasi pada hari Senin-Jumat pukul 09.00 – 15.00 WIB di Rumah Sakit Khusus Gigi dan Mulut, Fakultas Kedokteran Gigi (FKG UI), Jalan Salemba Raya No 4, Jakarta Pusat.

Sebelumnya, di Kampus Depok, UI telah membuka Sentra Vaksin di RSUI dan Sentra Vaksin Mahasiswa Indonesia di Sarana Olahraga (SOR) dan Klinik Makara UI. Udah dapat vaksin belum, detikers? Yuk daftar!

 

Sumber berita: https://www.detik.com/…/ui-buka-sentra-vaksinasi-di…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *