Tim Mahasiswa FKUI Raih Juara 1 di Medical Fiesta 2020

#Liputanmedia

Tim mahasiswa FKUI yang terdiri dari Ris Raihan Felim (Mahasiswa FKUI Angkatan 2018), Alifaturrasyid Syafaatullah Ridwan (FKUI 2018), dan Gideon Hot Partogi Sinaga (FKUI 2018) berhasil meraih Juara 1 kategori Research Paper International pada ajang International Scientific Competition and Seminar Medical Fiesta 2020.
Kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Lembaga Studi Ilmiah, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya, Malang, ini berlangsung secara daring pada tanggal 23-25 Oktober 2020.
Medical Fiesta 2020 memperlombakan lima cabang kompetisi yaitu Literature Review International, Research Paper International, Scientific Essay International, Poster Publik Nasional, dan Video Edukasi Nasional.
Tim Research Paper FKUI, membawa gagasan mereka yang berjudul “Reducing the opening of blood-brain barrier after thrombolytic treatment in acute ischaemic stroke”.
Kepada Humas FKUI, Ris Raihan Felim mengatakan bahwa gagasan mereka berfokus pada penggunaan Tenecteplase, yaitu sebuah varian baru tissue plasminogen activator (tPA) yang digunakan sebagai baku emas tatalaksana stroke.
“Riset ini memaparkan keunggulan Tenecteplase yang memiliki kemampuan lebih rendah untuk membuka sawar darah otak yang merupakan efek samping utama dari tPA. Pengurangan pembukaan sawar darah otak ini diyakini dapat mengurangi komplikasi lanjutan perdarahan otak,” tutur Ris.
Lebih jauh Ris mengatakan, “Tidak hanya itu, Tenecteplase memiliki tiga mutasi berbeda yang kemungkinkannya memiliki spesifisitas fibrin yang lebih tinggi dan waktu paruh yang lebih lama sehingga dapat diberikan dalam bolus tunggal dengan dosis yang lebih rendah dibandingkan dengan tPA.”
Selamat kepada para mahasiswa yang berhasil meraih prestasi, semoga dapat menjadi inspirasi bagi negeri.
(Humas FKUI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *