Tim Katamataku UI Beri Penyuluhan Kesehatan Mental dan Fisik : Secara Daring Bagi Siswa dan Guru SMA

#Liputanmedia

RADARDEPOK.COM – Tim Katamataku mengisi sesi penyuluhan kesehatan fisik dan mental bertajuk “Maintaining Physical and Mental Health in the Covid Era” yang diperuntukkan bagi siswa maupun tenaga pengajar di sekolah menengah atas. Kegiatan yang dilakukan secara daring ini diberikan bagi 318 siswa-siswi baru kelas X, serta bagi siswa-siswi kelas XI dan XII SMAN 68 Jakarta.

Hadir sebagai narasumber dalam webinar, yaitu Pengajar Fakultas Psikologi UI Adhityawarman Menaldi, Psikolog dan Staf Medik Departemen Dermatologi dan Venereologi FKUI/RSCM dr. Melani Marissa, yang dimoderatori oleh dr. Athira Presialia.

Pandemi COVID-19 telah memengaruhi hampir setiap aspek dalam kehidupan, termasuk aktivitas harian masyarakat, terutama di sektor pendidikan. Penerapan physical distancing dan penutupan sekolah membuat mereka tidak dapat beraktivitas normal. Situasi tersebut melatarbelakangi pelaksanaan program pengabdian masyarakat oleh Tim Katamataku UI.

“Kami dari Tim Katamaku UI biasanya mengadakan kegiatan yang berhubungan dengan penyandang kusta, namun kali ini, kami juga turut terjun langsung ke sektor pendidikan sebagai salah satu sektor yang tentunya sangat terdampak akibat pandemi COVID-19,” ungkap Ketua Tim Katamataku, dr. Yunia Irawati.

Dengan diadakannya webinar ini, diharapkan pelajar, guru, dan tenaga kependidikan dapat beradaptasi dengan situasi yang baru terutama dalam kegiatan belajar mengajar di era pandemi, dan dapat mengatasi permasalahan psikologis yang mungkin dihadapi.

Dr. dr. Tri Rahayu, SpM(K), FIACLE selaku project manager kegiatan ini yang juga merupakan staf pengajar di Departemen Ilmu Kesehatan Mata FKUI/RSCM menambahkan, program ini terselenggara atas dukungan Hibah Pengabdian Masyarakat UI tahun 2020 dengan skema Ipteks bagi Masyarakat.

“Kami melihat bahwa sekolah, dalam hal ini adalah pelajar, guru, dan tenaga kependidikan tentu harus melakukan penyesuaian terhadap kondisi ini dan harus mengubah strategi belajar mengajar dari metode tatap muka menjadi metode daring (online),” ucapnya.

Pada sebagian orang penyesuaian ini mungkin dapat dilakukan dengan mudah, namun pada beberapa individu bisa saja menimbulkan masalah, tidak hanya permasalahan kesehatan fisik, permasalahan kesehatan mental selama pandemi ini berlangsung juga banyak ditemui di masyarakat. (*)

Sumber berita: https://www.radardepok.com/…/tim-katamataku-ui-beri-penyul…/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *