Tiga Lembaga Siap Majukan Riset di UI

#LiputanMedia

Depok, Beritasatu.com – Tiga institusi di Universitas Indonesia siap menyokong pengembangan riset. Ketiga institusi tersebut adalah Pusat untuk Kesehatan di Gedung IMERI Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia di Salemba, Pusat untuk Sains Teknologi Laboratorium Sains dan Multidisiplin UI-Pertamina di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UI, dan Pusat untuk Sosial Humaniora Mochtar Riady Social and Political Research Center di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UI.

Rektor UI Muhammad Anis menuturkan, memajukan riset di Indonesia membutuhkan partisipasi banyak pihak. Riset berguna untuk penemuan baru, pemberi solusi dan pengembangan ilmu itu sendiri.

“Saat ini riset memang identik dengan banyaknya publikasi. UI sendiri telah memproduksi 3000 publikasi terkait riset,” kata Anis di sela peresmian Gedung Mochtar Riady Social and Political Research Center di FISIP UI, Kota Depok, Jawa Barat, Kamis (2/5/2019).

Dikatakan Anis, saat ini pengembangan riset di UI telah menyebar hingga ke penemuan yang juga dimanfaatkan bagi mahasiswa, misalnya robotik dan penggunaan teknologi artificial intelligence (AI).

Pengembangan riset, lanjut Anis tidak bisa dilakukan sendirian. Untuk memaksimalkan riset, UI senantiasa mengembangkan networking, baik di dalam maupun di luar negeri.

“Kami juga mengembangkan riset-riset interdisiplin dan multi disimpilin dan interdisiplin. Kapasitas dan kompetensi para dosen pun selalu kami kembangkan,” papar Anis.

Sedangkan bagi para mahasiswa, kemampuan mereka di bidang yang tidak melulu akademik juga menjadi perhatian UI. Kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler dan juga di bidang olahraga semakin giat dimaksimalkan oleh UI.

“Makanya kami bangun sports center dan juga gedung Pusgiwa lengkap dengan segala fasilitas olahraganya. Ini juga kami tunjang dengan supporting staf yang menunjang berbagai kemudahan melakukan aneka kegiatan pengembangan,” pungkas Anis.

Sumber berita: https://www.beritasatu.com/…/tiga-lembaga-siap-majukan-rise…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *