Simak 3 Alasan Tubuh Bisa Lemas Saat Puasa

#LiputanMedia

JawaPos.com – Lemas, letih, dan lesu, memang sering dirasakan tubuh saat sedang berpuasa. Kondisi lemas saat puasa biasanya dikarenakan selama 13-14 jam lambung dalam keadaan kosong setelah sahur dan gula darah mengalami penurunan.

Namun, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, menerangkan, keluhan lemas yang terjadi selama puasa itu bisa disebabkan beberapa faktor yang bisa diperbaiki.

“Puasa itu membuat keteraturan. Pola makan menjadi lebih teratur, dan jika lemas itu bisa disebabkan beberapa faktor,” katanya dalam video edukasi kepada JawaPos.com, baru-baru ini. Setidaknya, ada tiga faktor yang menyebabkan tubuh lemas saat berpuasa.

1. Faktor Psikis

Puasa bisa terasa lemas jika seseorang mengalami masalah psikologi yang terlalu dipikirkan. Banyak pikiran dan stres membuat puasa lebih lemas.

“Misalnya memikirkan masalah pekerjaan atau Tunjangan Hari Raya yang belum keluar, atau bonus yang tak cair, dan masalah stres lainnya,” kata dr. Ari.

2. Kurangnya Cairan

Kurangnya cairan atau kurang minum membuat tubuh menjadi lemas. Bisa juga tubuh mengalami kekurangan elektrolit. Selama Ramadan harus tetap cukup minum air putih sebanyak 8-10 gelas.

“Frekuensinya yaitu 1 gelas saat berbuka, 3 buah kurma dan 1 kue, lalu 1 gelas lagi. Kemudian sebelum salat tarawih minum 1 gelas. Usai salat Tarawih 1 gelas. Sebelum tidur 2 gelas, dan sebelum sahur 1 gelas, setelah sahur 2 gelas,” katanya.

3. Aktivitas Berlebihan

Selama puasa disarankan untuk mwngurangi aktivitas yang terlalu berat. Olahraga berat juga tak baik.

“Kalau terlalu berat di saat tubuh kurang cairan dan kinerja berat membuat kerja jantung menjadi lebih cepat dan berat. Akhirnya terasa lemas,” katanya.

Sumber berita: https://www.jawapos.com/…/simak-3-alasan-tubuh-bisa-lemas-…/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *