Seputar Infeksi Paru yang Kabarnya Diidap Ronaldikin Sebelum Meninggal Dunia

#LiputanMedia

Jakarta – Kabar duka datang dari salah satu tokoh terkenal tanah air, Ronaldikin. Lelaki asal Jawa Barat yang mirip dengan pesepak bola Brasil, Ronaldinho, meninggal dunia pada sore hari ini, Selasa (22/1/2019), di Rumah Sakit Al Ihsan, Baleendah, Bandung.

“Sodikin (nama asli Ronaldikin) meninggal dunia di rumah sakit Bandung – Indonesia, menderita penyakit paru,” tulis akun Milanistiorid. Informasi yang beredar, Ronaldikin telah lama berjuang melawan infeksi paru.

Secara umum ada beberapa mikroorganisme yang biasa ditemukan menyerang paru-paru, antara lain bakteri pneumonia, virus seperti influenza atau pilek, fungi (aspergillus, candida, hingga pneumocystis), dan tuberkulosis (TB)

Beberapa waktu lalu, dokter ahli infeksi paru dr Fathiyah Isbaniah SpP (K), FIRS dari Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI)- Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan menjelaskan pada detikHealth bahwa fatal atau tidaknya infeksi paru tergantung daru ketahanan tubuh pasien.

“Infeksi paru-paru tak harus berakibat fatal, bergantung pada faktor risiko dan ketahanan tubuh pasien,” ungkap dr Fathiyah.

Diterangkan lebih lanjut, salah satu contoh infeksi paru yang bersifat akut adalah pneumonia. Untuk contoh kasus yang bersifat kronis atau serangannya membutuhkan waktu lama adalah tuberkulosis (TBC). Dalam kasus yang bersifat akut, pasien biasanya mengalami sepsis dengan infeksi yang telah menyebar ke seluruh organ paru-paru.

Selamat jalan, Ronaldikin. Keceriaanmu akan tetap terkenang. (ask/up)

 

Sumber berita: https://health.detik.com/…/seputar-infeksi-paru-yang-kabarn…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *