Rutin Minum Susu Bikin Cepat Hamil, Benar Enggak Ya?

#Liputanmedia

Bagi pasangan yang belum kunjung punya keturunan, umumnya berbagai usaha pun akan dilakukan demi bisa cepat hamil. Salah satunya dengan rutin mengkonsumsi susu.
Ya Moms, susu dinilai mengandung nutrisi yang baik untuk meningkatkan peluang kehamilan.
Bahkan, kini bermunculan susu khusus yang mengklaim bisa jadi solusi bagi pasangan yang ingin segera punya anak. Lantas, apakah benar rutin minum susu dapat meningkatkan peluang kehamilan?
Dokter Spesialis Kandungan dan Kebidanan, Prof. Dr. dr. Budi Wiweko, Sp.OG (K),MPH, menjelaskan bahwa rutin minum susu untuk program hamil, mungkin saja menjadi salah satu faktor yang bisa membantu Anda mencapai tujuan itu, Moms.
Namun sebenarnya, tentu susu bukan satu-satunya faktor yang bisa membuat Anda cepat hamil. Melainkan ada banyak faktor lain yang juga harus Anda pertimbangkan.
“Susu itu sangat terkait dengan protein tinggi, sangat terkait dengan asam folat, dan kita tahu suplementasi asam folat dan dia tinggi protein rendah karbohidrat. Itu sangat membantu pasangan yang sedang merencanakan program hamil. Lagi-lagi nutrisi itu sangat sangat penting,” ujar Prof. Dr. dr. Budi Wiweko, Sp.OG (K),MPH, dalam acara live Podcast yang diselenggarakan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKNBN) dengan topik ‘Infertility Talk’, Jumat (5/6).
Lebih lanjut, Guru Besar FKUI, Sekjen POGI dan Presiden ASPIR ini menjelaskan kandungan zat gizi seperti protein, lemak, karbohidrat, kalsium, vitamin D, vitamin B6, fosfor, dan folat, yang terdapat dalam susu ini memang dibutuhkan bagi wanita usia produktif untuk mempersiapkan tubuhnya menyambut kehamilan.
Kandungan protein dalam susu dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan dalam pembentukan hormon. Namun, sebenarnya Anda juga bisa mendapatkan kandungan protein juga tidak hanya dari susu, yaitu dari tempe, tahu, ataupun ikan.
“Saya kira bisa dari protein nabati. Tempe, tahu, kalau hewani ikan. Makanan di indonesia itu sangat banyak yg mengandung protein tinggi, dan baik untuk tubuh,” ujarnya.
Lalu, perlukah mengkonsumsi susu khusus yang dirancang untuk cepat hamil?
Menurut Prof. Budi, boleh saja Anda mengkonsumsi susu yang dibuat khusus untuk program hamil, karena memang ada beberapa zat gizi yang ditambahkan untuk meningkatkan peluang kehamilan. Meski demikian, susu biasa juga bisa juga dikonsumsi untuk membantu program kehamilan, Moms
“Ya itu, lagi-lagi saya katakan ya itu bawa susu itu diet tinggi protein, ada beberapa susu yang disiapkan untuk ibu hamil diperkaya dengan asam folat, diperkaya lagi ditambahkan dengan kalsium, ditambahkan lagi dengan vitamin D. Jadi boleh saja, susu apa saja boleh, kecuali susu kuda liar untuk ibu hamil,” jelasnya.
Selain itu, Prof. Budi menambahkan bahwa untuk meningkatkan peluang kehamilan, yang terpenting adalah menjaga gaya hidup yang sehat. Dan jangan lupa untuk rutin berhubungan seks, setidaknya 3 kali dalam seminggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *