Perbanyak minum air putih hingga jus, cara ampuh redakan demam berdarah

#LiputanMedia

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Penyakit demam berdarah dengue (DBD) kembali meningkat saat memasuki musim penghujan.

Ada satu jurus ampuh untuk menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh nyamuk aedes aegypti itu, yakni perbanyak minum.

Ketua Divisi Infeksi dan Pediatri Tropik Departemen Ilmu Kesehatan Anak RSCM-FKUI, dr Mulya Rahma Karyanti menyebutkan jurus ampuh tersebut juga berlaku saat demam biasa.

“Obatnya prinsipnya cairan. Demam apapun bujuk anak untuk minum, gak mau makan bujuk anak atau orang dewasa untuk minum,” papar dr. Karyanti saat ditemui di Kementerian Kesehatan, Rabu (30/1).

Agar si penderita demam berdarah mau untuk minum bisa dipancing dengan memberikan minuman selain air putih yang mengandung nutrisi.

Beberapa minuman yang disarankan adalah susu karena mengandung karbohidrat, minuman elektrolit ataupun jus buah yang mengandung vitamin dan juga kalori.

“Minum yang ada nutrisinya susu kan ada karbohirdat misalnya cairan elektrolit, atau jus buah ada kandungan vitamin sama kalorinya. Prinispnya bujuk penderita minum,” kata dr. Karyanti.

Pada saat terkena demam berdarah suhu tubuh pun akan sangat tinggi berkisar di 38 derajat celcius, yang bisa dibantu meredakan dengan mengompres dengan air hangat di bagian lipat ketiak dan pangkal paha.

“Penolongan pertama tadi minum, panas boleh kasih obat panas lalu kompres demgan air hangat, yang dikompres adalah lipat ketiak dan pangkal paha,” ungkap dr. Karyanti.

Adapun beberapa gejala yang menandakan tubuh terkena demam berdarah selain demam adalah sakit perut yang sangat berat, muntah berkepanjangan, mimisan maupun gusi berdarah. (Apfia Tioconny Billy)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Jurus Ampuh Redakan Demam Berdarah, Perbanyak Minum Air Putih, Susu hingga Jus Buah,

 

Sumber berita: https://kesehatan.kontan.co.id/…/perbanyak-minum-air-putih-…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *