Penyebab Bakteri menjadi Superbug, Apa Itu?

#Liputanmedia

TEMPO.COJakarta – Superbug berarti bakteri yang kebal atau resistan terhadap obat atau antibiotik. Mengutip Medical News Today,  bakteri dan jamur yang resistan terhadap obat akan sulit dikendalikan Tidak ada gejala khusus yang menunjukkan seseorang terinfeksi superbug. Sebab, kemungkinan akan mengalami gejala yang sama jika memiliki infeksi biasa.

Lama waktu tertentu akan menunjukkan kemungkinan seseorang mengalami infeksi superbug. Infeksi tidak akan merespons pengobatan, kemungkinan akan menjadi jauh lebih buruk.

Proses bakteri menjadi superbug

Mengutip Verywell Health, semua spesies bakteri berkemungkinan menjadi superbug. Superbug juga hasil dari penyalahgunaan antibiotik. Ketika seseorang tidak menggunakan obat antibiotik secara benar, misalnya tidak menghabiskan semua infeksi bakteri tidak sepenuhnya dihancurkan.

Bakteri yang tersisa atau strain yang telah berevolusi untuk bertahan hidup dari antibiotik. Semakin sering seseorang menggunakan antibiotik, makin rentan terhadap infeksi superbug. Pada 2016, seorang perempuan di Nevada meninggal karena infeksi yang ditemukan kebal terhadap 26 antibiotik berbeda yang tersedia di Amerika Serikat. Ia tertular infeksi di rumah sakit India saat mengobati patah kaki.

Mengutip Antara, pakar mikrobiologi klinis Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Yulia Rosa Saharman menjelaskan, penggunaan antibiotik yang tidak tepat seperti terlalu sedikit, sering atau berkepanjangan membuat bakteri mencoba mempertahankan bentuknya dengan bermutasi.

“Dia membentuk seperti tameng dan mengubah bentuk, jadi antibiotik tidak bisa membunuh bakteri tersebut,” katanya. Ia mengatakan, mutasi bakteri berubah sifatnya.

Superbug bisa dicegah, cara tidak menggunakan antibiotik sembarangan. Antibiotik tidak boleh digunakan sembarangan, harus mengikuti resep dan petunjuk dokter. “Misalnya diresepkan antibiotik lima hari, jangan diminum hanya satu hari, enggak bisa seperti itu. Itu yang memicu akhirnya superbug berubah bentuk,” kata Yulia.

sumber berita: https://gaya.tempo.co/read/1656634/penyebab-bakteri-menjadi-superbug-apa-itu