Penuhi Nutrisi Seimbang Ini Biar Kamu Enggak Gampang Tumbang

#LiputanMedia

KOMPAS.com – Bagi Dian (27), bulan Ramadhan tak hanya sekadar menjalankan ibadah puasa.

Ia juga memanfaatkan bulan suci ini sebagai momen untuk menerapkan niat menjalani pola hidup sehat, khususnya dalam hal makanan.

Jika sebelumnya makan hanyalah perkara kenyang dan enak, kini Dian lebih memperhatikan segi nutrisi dari makanan yang ia santap, terutama saat Sahur.

Usaha tersebut ia lakukan agar kondisi tubuhnya selalu prima sehingga dapat menjalani ibadah puasa secara optimal di tengah aktivitas hariannya yang cukup padat.

Jika dilihat dari sisi kesehatan, makan sahur menjadi suatu hal yang perlu jika hendak menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Pasalnya, dari situlah tubuh akan mendapatkan energi.

Hidangan sahur pun seyogianya tak hanya sekadar mengenyangkan tapi juga mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh berpuasa.

Dilansir Khaleej Time, Senin (5/5/2019), makanan untuk sahur harus mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti karbohidrat kompleks, mineral, protein, dan mineral.

Lalu apa saja yang seharusnya dikonsumsi saat Sahur? Berikut panduannya.

Karbohidrat kompleks

Jangan main-main dengan nutrisi yang satu ini. Pasalnya karbohidrat adalah sumber energi bagi tubuh.

Jenis karbohidrat sendiri terdiri dari dua, yakni karbohidrat sederhana yang bisa ditemukan pada nasi dan karbohidrat kompleks.

Namun, dilansir dari Kompas, Selasa (30/8/2016), karbohidrat kompleks jauh lebih menyehatkan karena di dalamnya juga mengandung serat, vitamin dan mineral.

Anda bisa menemukan nutrisi ini pada produk gandum, jagung, beras merah, kacang-kacangan, ubi jalar, pisang yang tidak terlalu matang, dan kentang.

Mineral

Dikutip dari Kompas.com, Jumat (6/7/2018), pakar gizi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI) dr. Diana Sunardi, M. Gizi, SpGK menjelaskan, mineral memiliki beragam manfaat pada tubuh. Salah satunya membantu transportasi nutrisi antar sel.

Kekurangan mineral apalagi saat kondisi sedang berpuasa akan mengakibatkan tubuh menjadi mudah lelah, pusing, atau bahkan pingsan.

Untuk memenuhi asupan mineral, Anda bisa mengonsumsi makanan-makanan seperti sayur bayam dan brokoli, makanan laut seperti ikan dan kerang, atau daging sapi.

Vitamin

Saat puasa, asupan makan dan minum menjadi terbatas. Ini menjadi tantangan,apalagi jika kaitannya dengan sistem daya tahan tubuh.

Pada dasarnya, vitamin merupakan nutrisi penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Kekurangan nutrisi ini saat puasa akan menimbulkan gejala yang dapat mempengaruhi metabolisme tubuh.

Vitamin seperti A, B kompleks, C dan D adalah beberapa vitamin yang dibutuhkan selama bulan puasa ini. Asupannya bisa Anda dapatkan dari buah-buahan atau sayur-sayuran.

Protein

Hampir sama dengan karbohidrat, protein juga berfungsi sebagai sumber energi dan memberikan efek kenyang lebih lama.

Nah, untuk mendapatkan nutrisi ini tidaklah susah. Daging ayam dan ikan adalah contoh bahan makanan yang tinggi akan protein.

Selain itu, Anda juga bisa memenuhi kebutuhan protein dengan mengonsumsi susu saat sahur setiap harinya.

Bahkan bukan hanya protein, nutrisi lain yakni vitamin dan mineral juga bisa Anda temukan pada susu Bear Brand, misalnya.

Bagaimana? Tidak sulit bukan mengubah #niatdoang menjadi #niatmurni? Apalagi jika urusannya soal makanan seperti yang dilakukan Dian di atas.

Yuk, jadikan bulan suci Ramadhan ini sebagai momen untuk mewujudkan niat murni Anda, apa pun itu.

Contohnya seperti Fathia Izzati, Aulion, dan Ayudia sedang berjuang untuk mewujudkan niat murninya.

Penasaran dengan bentuk niat murni mereka? Cek di sini, jangan lupa untuk vote ya!

Ayo wujudkan niat murni Anda. Cukup awali dengan #1KalengSaatSahur, selamat mencoba!

 

Sumber berita: https://lifestyle.kompas.com/…/penuhi-nutrisi-seimbang-ini-…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *