Menristekdikti Tinjau Pelaksanaan UTBK 2019 di FKUI Jakarta

#LiputanMedia

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menristekdikti Mohamad Nasir didampingi Dirjen Belmawa Ismunandar dan Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Ravik Karsidi melakukan peninjauan UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) 2019 Gelombang pertama di Gedung IMERI FKUI Salemba Jakarta, Sabtu (13/4/2019).

Sebagai Pusat Pelaksana UTBK 2019 yang dipercayakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), UI menyiapkan ruang-ruang UTBK di wilayah Depok, Jakarta Selatan, Jakarta Timur dan Jakarta Pusat. Selain itu UI juga menggandeng 26 SMA/SMK Negeri dan Swasta di tiga wilayah tersebut sebagai mitra pelaksana UTBK.

“UTBK dilaksanakan sebanyak 24 kali, ini hari pertama sampai besok tanggal 13-14 April 2019 hasil dari UTBK bisa diketahui 10 hari setelah ujian dan peserta UTBK bisa mendaftar ke PTN tujuan dengan nilai tersebut,” kata Menristekdikti Mohamad Nasir.

Dalam kesempatan ini Menristekdikti juga melihat dan menyapa pada seluruh peserta UTBK di Indonesia mulai dari Aceh sampai Papua dan semua berjalan dengan baik 100 persen.

Menurut Mohamad Nasir ini adalah pertama kali dilakukan oleh Kemenristekdikti yang penerimaan mahasiswa barunya menggunakan metode UTBK.

“Saya sangat mengapresiasi setinggi-tingginya atas kerja keras yang dilakukan oleh Panitia untuk menyelenggarakan penerimaan mahasiswa baru di tahun 2019 ini,” ungkapnya.

Total kapasitas kursi gelombang pertama yang disediakan UI beserta sekolah mitra adalah sebanyak 30.060 kursi pada UTBK Gelombang Pertama dan 35.750 kursi pada Gelombang Kedua.

Jumlah total pendaftar UTBK 2019 Gelombang Pertama adalah 28.528 peserta dan Gelombang Kedua 34.940 peserta. Pelaksanaan UTBK 2019 dimulai pada Sabtu, 13 April 2019, pukul 7.30 waktu setempat. (*)

Sumber berita: https://www.timesindonesia.co.id/…/menristekdikti-tinjau-p…/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *