Mahasiswa FKUI Raih Dua Medali pada Kompetisi Internasional SIMPICSED

#LiputanMedia

Dua mahasiwa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) torehkan prestasi pada ajang ilmiah internasional bertajuk Siriraj International Medical Microbiology, Parasitology, and Immunology Competition Special Edition (SIMPICSED) yang diselenggarakan oleh Faculty of Medicine Siriraj Hospital, Mahidol University, Bangkok, Thailand pada tanggal 13-14 Maret 2021.
 
SIMPIC, atau yang pada tahun ini berubah nama menjadi SIMPICSED, adalah kompetisi internasional tahunan yang diselenggarakan sebagai ajang pertukaran pengetahuan bagi para mahasiswa kedokteran terutama pengetahuan yang terkait dengan penyakit infeksi, mikrobiologi, imunologi dan parasitologi. Selain perubahan nama, pada tahun ini kompetisi ini pun digelar secara daring akibat pandemi COVID-19. Tercatat lebih dari 300 mahasiswa dari 12 negara turut berpartisipasi pada SIMPICSED 2021.
 
Kedua mahasiswa FKUI yang berhasil menorehkan prestasi adalah Gideon Hot Partogi Sinaga (mahasiswa FKUI angkatan 2018) dan Ariel Valentino Soetedjo (FKUI 2016). Mereka berhasil mengharumkan nama FKUI setelah meraih Bronze Medal pada kompetisi tersebut.
 
“Lomba di SIMPIC terdiri dari beberapa tahap, tahap pertama yang merupakan Individual Exam dan dilanjutkan tahap berikutnya yang berupa lomba secara tim yang terdiri dari 4 mahasiswa. Individu dengan skor peringkat teratas akan menerima medali Emas, Perak, dan Perunggu, sementara 40 tim dengan skor tim rata-rata tertinggi akan maju ke tahap selanjutnya. Kami berdua berhasil meraih perunggu (bronze) pada Individual Exam ini,” tutur Gideon Hot Partogi Sinaga kepada HUMAS FKUI.
 
Prestasi yang diraih oleh mahasiswa FKUI ini tentunya tak lepas dari peran para pembimbing yang mendampingi mereka selama persiapan maupun pelaksanaan lomba. Para pembimbing tersebut adalah Dr. dr. Yeva Rosana, MS, SpMK(K); dr. Yenny Djuardy, PhD; Dra. Beti Ernawati Dewi, PhD; dan dr. Dimas Seto Prasetyo, SpMK.
 
“Kami ucapkan terima kasih yang sangat besar kepada para dosen pembimbing. Semangat para dosen dalam membimbing kami selama masa persiapan, walau dilakukan secara daring, menjadi salah satu pelecut semangat kami dalam berkompetisi di SIMPICSED 2021,” ucap Ariel Valentino Soetedjo.
 
Dekan FKUI, Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, Sp.PD-KGEH, MMB, sangat mengapresiasi kabar yang membanggakan ini, “Walaupun di tengah pandemi, tapi tentu saja hal tersebut tidak menyurutkan semangat mahasiswa untuk berprestasi di tingkat internasional. Saya mengucapkan selamat bagi tim SIMPICSED, terutama bagi Gideon dan Ariel yang meraih Bronze Medal. Saya juga mengapresiasi para pembimbing yang tentunya berusaha mempersiapkan mahasiswa dengan semaksimal mungkin. Semoga prestasi mereka menginspirasi mahasiswa lainnya untuk terus berkembang selama kuliah di FKUI.”
 
Selamat kepada pada mahasiswa yang berhasil meraih prestasi. Semoga dapat menjadi motivasi dan kebanggaan bagi negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *