[KLARIFIKASI] Jambu Kristal Putih Bisa Tangkal Corona Covid-19

#LiputanMedia

KOMPAS.com – Di media sosial Facebook, tersebar informasi yang menyebut jambu kristal putih dapat menangkal virus corona Covid-19.
Dari konfirmasi yang dilakukan tim Cek Fakta Kompas.com, ada yang perlu diluruskan terkait beredarnya informasi tersebut.
Belum ada makanan yang secara spesifik mampu menangkal virus corona, termasuk jambu kristal putih seperti yang disebutkan dan tersebar di Facebook.
Namun demikian, jambu kristal putih memang mengandung kaya vitamin, mineral, dan serat yang berguna untuk menguatkan imunitas tubuh.
Narasi yang beredar
Setelah ditelusuri, informasi tersebut disebarkan oleh akun Facebook bernama Mamax Arya Membiri.
Akan tetapi, narasi keliru itu ia bagikan di sejumlah grup Facebook, yakni di KENDARI JUAL BELI ONLINE (KJBO), Kjb KARYA ANAK KENDARI Guys, Market Kendari – JUAL BELI WILAYAH KOTA KENDARI, dan market place kendari online.
Link arsip dapat dilihat di sini, sini, sini, dan sini.
Berikut narasi selengkapnya:
“Ready jambu kristal putih. penangkal korona. bervitamin C tinggi, lebih tinggi dari buah jeruk. ngak percaya buka google aja. berminat tlp/wa 0813493*****”.
Konfirmasi Kompas.com
Tim Cek Fakta Kompas.com menghubungi Dekan Fakultas Kesehatan Universitas Indonesia (FKUI) Prof dr Ari Fahrial Syam untuk mengonfirmasi narasi tersebut.
Ari mengatakan, hingga detik ini secara khusus belum ada makanan yang spesifik untuk mencegah atau menangkal virus corona Covid-19.
Buah jambu, lanjut Ari, memang sempat diuji menggunakan metode penelitian bioinformatika sebagai kandidat potensial untuk pencegahan Covid-19.
Namun demikian, hasil uji klinik dari penelitian tersebut belum secara final menjelaskan kemanjurannya alias masih dalam tahap analisis.
“Belum bisa (dikatakan efektif menangkal Covid-19) sampai menunggu hasil paling tidak secara penelitian bioinformatika bisa digunakan anjuran boleh. Tapi tidak boleh klaim,” tutur Ari saat dikonfirmasi Kompas.com, Minggu (22/2/2021).
“Karena tahap uji kliniknya masih panjang dan proses penelitian terus berlanjut,” katanya lagi.
Adapun uji bioinformatika tersebut dilakukan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB).
Saat ditanya apa kandungan khusus di dalam buah jambu tersebut, Ari menuturkan bahwa saat ini hal tersebut tengah diteliti oleh peneliti IPB.
“Yang jelas seperti buah-buahan pada umumnya, mengandung karbohidrat untuk energi, multi-vitamin, mineral, antioksidan, serat dan kandungan air,” terang Ari.
Kesimpulan
Dari konfirmasi yang berhasil dilakukan tim Cek Fakta Kompas.com, informasi yang menyebut jambu kristal putih bisa menangkal virus corona Covid-19 adalah tidak benar.
Faktanya, hingga saat ini secara khusus belum ada makanan yang spesifik untuk mencegah atau menangkal virus corona Covid-19.
Namun begitu, buah jambu sedang diteliti lebih dalam oleh UI dan IPB untuk menemukan adakah kandungan yang membuatnya bisa mencegah virus corona.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *