Ini Olahraga Tepat untuk Kakek Nenek, Durasi dan Jenis Kegiatan yang Disarankan

#Liputanmedia
Suara.com – Meski sudah lanjut usia atau lansia maka bukan berarti berhenti bergerak dan jadi mengurangi aktivitas fisik. Malah olahraga untuk lansia tetap perlu dilakukan.
Dikatakan Dr. dr. Febriana Catur Iswanti, M.Biomed bahwa setiap kelompok umur wajib melakukan aktivitas fisik, baik anak, remaja, dewasa maupun lansia.
Khusus untuk lansia di atas 65 tahun, selain diminta melakukan olahraga atau aktivitas fisik dasar, sebaiknya kegiatan ditambah dengan melakukan latihan keseimbangan.
“Bagi lansia dengan usia 65 tahun ke atas hampir sama dengan yang dewasa, tetapi ditambah dengan latihan keseimbangan untuk membantu lansia ketika mereka mulai terjadi gangguan keseimbangan,” ujar Dr. Febriana dalam acara diskusi PMIB FKUI (Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia), Sabtu (25/6/2022).
Sehingga aktivitas fisik dasar lansia yang harus dilakukan adalah 150 hingga 300 menit per minggunya, dengan intensitas sedang seperti orang dewasa.
“Ataupun aktifitas dengan intensitas berat 75 hingga 150 menit per minggu, kemudian ditambah dengan latihan penguatan otot minimal dua kali per minggu,” ujar Dr. Febriana.
Perlu diketahui, lansia juga mendapatkan ancaman berbagai penyakit seperti osteoporosis (pengeroposan tulang), nyeri sendi, kardiovaskular atau penyakit jantung.
Sehingga aktivitas fisik perlu dilakukan untuk mencegah sekaligus menangani berbagi penyakit tersebut. Inilah sebabnya banyak bertebaran senam osteoporosis untuk lansia, agar bisa beraktivitas sehari-hari dan kualitas hidup lebih baik.
“Banyak pilihan untuk aktivitas fisik dan itu bisa dipilih oleh anak-anak hingga lansia, kemudian bisa penguatan otot menggunakan penambah beban. Kemudian bisa latihan keseimbangan melalui yoga atau jenis latihan keseimbangan lainnya,” paparnya.
Tidak hanya lansia, bahkan fase anak usia 5 hingga 7 tahun juga disarankan melakukan aktivitas fisik seperti bermain, berlari dan melompat selama 60 menit per hari, dengan intensitas sedang maupun berat.
sumber berita: https://www.suara.com/health/2022/06/25/131000/ini-olahraga-tepat-untuk-kakek-nenek-durasi-dan-jenis-kegiatan-yang-disarankan