Ini Kunci Pengobatan Pasien DBD Agar Cepat Pulih

#LiputanMedia

JawaPos.com – Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) biasa muncul saat musim hujan. Jentik nyamuk Aedes Agepty gemar hinggap di berbagai wadah usai hujan dan saluran air. Maka masyarakat harus waspada terhadap penyakit yang muncul sepanjang tahun ini.
 
Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB mengingatkan agar dalam pengobatan pasien DBD untuk memperhatikan asupan cairan bagi pasien. Pengobatan penting dan utama dalam tatalaksana pasien dengan demam berdarah adalah menjaga sirkulasi cairan.
 
“Dengan infus yang cukup dan minum yang banyak. Obat-obatan yang diberikan biasanya hanya bersifat menghilangkan gejala yang muncul,” katanya kepada JawaPos.com, Rabu (23/1).
 
Menurut dr. Ari, jika demam diberikan parasetamol. Dan jika mual diberikan obat anti mual. Tetapi, tentu obat-obat ini diberikan sesuai indikasi dan bersifat sementara sesuai dengan gejala yang timbul.
 
“Kenali penyakit demam berdarah yang saat ini sedang meningkat kasusnya pada masyarakat sekitar kita,” jelasnya.
 
Pencegahan
 
Lakukan pemberantasan sarang nyamuk, temukan jentik-jentik di sekitar rumah kita di mana terdapat genangan air. Lakukan upaya 3 M (Mengubur, Menguras dan Menutup). Mengubur barang bekas, menguras tempat penampungan air, menutup tempat penampungan air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *