Hoax, Minum Es Habis Makan Bakso Picu Kanker

#LiputanMedia

MALANG – Sempat beredar video yang menyampaikan bahwa meminum air es setelah memakan bakso dapat memicu kanker. Video berdurasi 21 detik tersebut tersebar di sejumlah media sosial, yang memperlihatkan seseorang sedang menyentuhkan sup daging dengan sendok sayur yang terdapat es batu.
“Membuang lemak daging dengan menggunakan batu es, makanya kalau kita sering makan es habis makan bakso maka lemak ini akan menjadi biangnya penyakit kanker. Karena dia memadat,” kata orang yang terdapat dalam video tersebut.
Video ini kemudian diunggah oleh akun facebook Insipirasi Kehidupan. Dalam unggahannya, akun ini sampaikan narasi.
“Siapa yang punya kebiasaan makan bakso lalu minum air ess…wkwkwkkw ternyata oh ternyataa…Note : ini bukan hasil uji ilmiah, krn lambung atau tubuh juga pintar, yang terpenting ini ingin menggambarkan bahwa konsumsi lemak berlebihan tidaklah baik buat tubuh, terlebih kalau lemaknya lemak jenuh,” tulis akun Inspirasi Kehidupan.
Selain akun Inspirasi Kehidupan, video tersebut juga diunggah oleh akun Andiiyam Andimaryam Gluco. Dari hasil penelusuran, ternyata kabar tersebut tidak benar. Makan bakso lalu minum es dapat menyebabkan kanker usus itu adalah hoax.
Menurut Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, hingga saat ini, dunia medis belum bisa memastikan penyebab pasti munculnya sel kanker di tubuh seseorang. Masyarakat hanya bisa menghindari beberapa faktor risikonya. Sedang kanker umumnya lebih rentan dipicu oleh gaya hidup.
“(Makan bakso minum air es memicu kanker), itu hoax,” tegas Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB.
Gaya hidup menjadi salah satu penyebab kenapa kanker tetap bertahan sebagai penyebab utama kematian dan angka kejadian terus meningkat di tengah masyarakat. Oleh karenanya, sangat dianjurkan untuk kenali faktor risiko, kontrol ke dokter jika mempunyai faktor risiko. Kenali gejalanya dan segera berobat ke dokter. Selalu menjaga agar tetap melakukan gaya hidup sehat.(mg3/lim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *