[HOAKS] Minum Air Es Setelah Makan Bisa Bikin Perut Buncit

#Liputanmedia

KOMPAS.com – Beredar informasi di media sosial Facebook yang menyebutkan bahwa minum air es setelah makan dapat membuat perut menjadi buncit.
 
Informasi itu mengeklaim, sering minum air es setelah makan dapat meningkatkan bantalan lemak di perut sehingga perut menjadi buncit.
 
Berdasarkan konfirmasi Tim Cek Fakta Kompas.com, informasi tersebut hoaks. Narasi yang beredar Klaim minum air es setelah makan dapat membuat perut buncit dibagikan oleh akun Facebook ini dan ini. Berikut narasi selengkapnya:
 
“Pada saat proses penghangatan, air es juga akan dihangatkan oleh bantalan lemak-lemak yang ada di perut.
 
Bila minum air dingin sering dilakukan (bahkan menjadi kebiasaan) maka akan dibutuhkan bantalan lemak yang semakin banyak.
 
Bantalan lemak didapatkan dari asupan makanan yang kita makan sehari-hari yang akan tertimbun dalam perut.
 
Bila tidak diimbangi dengan olahraga yang cukup maka bantalan lemak akan semakin banyak. Perut kita akan semakin membuncit,”
 
Konfirmasi Kompas.com
Untuk memverifikasi kebenaran klaim tersebut, Tim Cek Fakta Kompas.com menghubungi Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI) Ari Fahrial Syam.
 
Ari mengatakan, klaim minum air es setelah makan dapat membuat buncit adalah hoaks.
 
“Hoaks,” jawab Ari saat dikonfirmasi Kompas.com, Minggu (17/10/2021).
 
Ari menjelaskan, es batu tidak mengandung kalori sama sekali, sehingga tidak menyebabkan kegemukan.
 
“Es batu tidak mengandung kalori. Mau mengonsumsi sebanyak apa pun tidak buat gemuk,” jelas Ari.
 
Kesimpulan
Berdasarkan konfirmasi Tim Cek Fakta Kompas.com, dapat disimpulkan bahwa klaim minum air es setelah makan dapat membuat perut buncit adalah hoaks.
 
Pakar kesehatan menjelaskan bahwa es batu tidak mengandung kalori sama sekali, sehingga tidak akan menyebabkan kegemukan meski dikonsumsi dalam jumlah besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *