FKUI Juara Umum RMO 2021

#Liputanmedia

Delegasi mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) kembali harumkan nama almamater setelah berhasil menjadi Juara Umum pada ajang Regional Medical Olympiad (RMO) 2021, yang digelar secara daring pada Sabtu 21 Agustus 2021 dengan tuan rumah adalah Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia, Jakarta.

Lima gelar juara berhasil diraih oleh delegasi mahasiswa FKUI, yaitu:

  • Juara 1 cabang Neuropsikiatri atas nama Stefen Weliadi Ali (FKUI 2018) dan Fransiskus Mikael Chandra (FKUI 2018)
  • Juara 2 cabang Infeksi Tropis atas nama Kevin Kanaka Swargoputra (FKUI 2018) dan Rifda Hanun Shalihah (FKUI 2018)
  • Juara 2 cabang Digestif atas nama Jason Nathanael Adhimulia (FKUI 2018) dan Kezia Rachel (FKUI 2019)
  • Juara 2 cabang Kardio-respirasi atas nama Eric Ferdinand (FKUI 2019) dan Kelvin Kohar (FKUI 2019)
  • Juara 3 cabang Uro-reproduksi atas nama Gabrielle Adani (FKUI 2018) dan Regine Viennetta Budiman (FKUI 2018)

RMO merupakan olimpiade kedokteran tahunan yang diselenggarakan oleh Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI) bekerja sama dengan Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran (AIPKI) Wilayah II yang meliputi Jakarta, Banten, Jawa Barat, dan Kalimantan Barat. Melalui ajang ini, setiap peserta yang merupakan mahasiswa kedokteran beradu keterampilan, kecakapan, dan wawasan mengenai cabang-cabang yang dilombakan.

Perjuangan delegasi mahasiswa FKUI dimulai dari babak penyisihan yang terdiri dari ujian Multiple Choice Question (MCQ) yang meliputi bidang anatomi, histologi, patologi anatomi, patologi klinis, mikrobiologi, parasitologi, hingga kedokteran klinik. Lalu dilanjutkan dengan babak final yang berbentuk tes Student Oral Case Analysis-Public Health (SOCA-PH).

Peserta dengan nilai tertinggi keluar sebagai pemenang, dan tim pemenang RMO pada setiap cabang dipersiapkan untuk menuju kompetisi jenjang berikutnya yaitu International Indonesia Medical Olympiad (IMO).

Selamat kepada para mahasiswa yang berhasil meraih prestasi. Semoga dapat menjadi kebanggaan dan inspirasi bagi sivitas akademika FKUI lainnya.

 

Sumber berita: https://fk.ui.ac.id/berita/fkui-juara-umum-rmo-2021.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *