Dekan FKUI: Wajib Pakai Masker saat Bertemu Orangtua di Rumah

#LiputanMedia

JAKARTA – Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), akademisi, dan praktisi klinis Prof Ari Fahrial Syam mengemukakan, memakai masker merupakan salah satu untuk mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan keluarga.

Saat ini, sambung Ari Fahrial, setiap hari kerap dikabarkan satu persatu orangtua yang sudah berusia meninggal dunia karena Covid-19.

“Studi FKUI dan Dinkes DKI  yang dilakukan tahun lalu, dan juga dipublikasi tahun lalu. Dan masih bisa digunakan untuk antisipasi mencegah terjadinya kematian Covid-19 saat ini,” kata Ari dalam keterangannya, Rabu (21/7/2021).

Hasil studi, lanjut dia, menemukan bahwa usia tua, sesak napas, pneumonia, dan riwayat hipertensi berhubugan dengan risiko kematian bagi yang terjangkit virusa asal Wuhan, China itu.

“Secara khusus saya akan mengangkat masalah umur, semakin tua umur semakin tinggi angka kematiannya ketika terpapar Covid-19,” tuturnya.

Kata Ari, dari hasil penelitian ini ditemukan untuk yang terinfeksi Covid-19 persentase yang meninggal, pasien orang tua di atas 70 tahun, sebanyak 30.11%; pasien umur 50-69 tahun, sebanyak 14.70 %; dan pasien umur 20-49 tahun, sebanyak 3.38%.

“Melihat data riset di Jakarta ini meliputi 4.052 pasien Covid-19 memberikan pesan penting untuk kita semua. Kalau orang tua kita hanya tinggal saja dirumah kalau terinfeksi pastinya dari orang sekitar yang bolak balik masih keluar rumah. Oleh karena itu, saya menghimbau buat teman-teman semua ketika di rumah dan dekat dengan orang tua kita untuk menggunakan masker. Masker Insha Allah menyelamatkan kita, orang sekitar dan orang tua kita,” pungkasnya. (din)

 

Sumber berita: https://news.okezone.com/…/dekan-fkui-wajib-pakai…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *