Dekan FKUI: Menkes Budi Gunadi Sadikin Peduli Riset

#Liputanmedia

Liputan6.com, Jakarta – Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin pada Jumat, 17 September 2021, mengunjungi perhelatan Indonesian Medical Education Research Institute (IMERI).

Dalam kunjungannya, Menkes Budi melihat langsung sarana dan prasarana untuk proses sequencing virus Corona atau SARS-CoV-2 penyebab COVID-19, termasuk juga bagaimana alat ini dapat melakukan sequence guna melihat gen kanker payudara dan infeksi lain.

Cerita tersebut dibagikan Guru Besar sekaligus Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Profesor Dr dr Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH, kepada sejumlah wartawan pada Minggu, 26 September 2021.

Menurut Ari, banyak pertanyaan yang diajukan Menkes Budi. Sikap tersebut dinilai Ari merupakan sebuah cerminan bahwa orang nomor satu di Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) memiliki keingintahuan yang besar.

“Beliau juga kita ajak untuk melihat fasilitas human genetic kita yang selama ini memang membantu para klinis di seluruh Indonesia untuk melihat kelainanan genetika pada seseorang yang mengalami sindrom penyakit tertentu,” kata Ari.

Kunjungan Menkes Budi Gunadi Sadikin

Ari pun membawa Menkes Budi ke Cluster Sport and Exercise studies yang ada di tempat tersebut.

“Intinya kepedulian beliau terhadap riset cukup tinggi dan yakin kalau research khususnya seputar kedokteran ini didukung penuh kedokteran kita bertambah maju,” Katanya.

“Sarana dan prasarananya sudah ada, SDM-nya handal, lulusan center-center hebat dunia, tinggal support dukungan dana risetnya saja,” Ari menambahkan.

Ari lalu menyebut bahwa Menkes Budi mengaku salut akan gedung Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) yang ‘heritage’ dan berumur lebih 100 tahun masih terawat dengan baik.

“Beliau yang tidak pernah sekolah di FKUI saja bangga dengan gedung FKUI, apalagi kita yang pernah mengenyam pendidikan di FKUI,” katanya.

“Terima kasih Pak Menkes,” Ari menekankan.

 

Sumber berita: https://www.liputan6.com/…/dekan-fkui-menkes-budi…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *