Cek Fakta: Hoaks Mengonsumsi Rebusan Tepung Kanji dan Gula Merah Bisa Sembuhkan Asam Lambung Akut

#Liputanmedia

Liputan6.com – Klaim mengonsumsi rebusan tepung kanji dan gula merah dapat menyembuhkan asam lambung akut hingga infeksi usus beredar di media sosial. Klaim tersebut disebarkan oleh salah satu akun Facebook pada 4 Februari 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah video berisi ramuan dari rebusan tepung kanji dan gula merah. Ramuan itu diklaim bisa menyembuhkan asam lambung akut hingga infeksi usus.

Thun 2012 sya prnh infeksi usus, dan asam lambung akut,, smpe opname di RS 10 hari,,, ga ada perubahan, akhirnya pulang,, ibaen omakku ma ubat,,,

obat nya cma ini?

Tepung kanji digodok (dimasak) sama gula merah hingga mngental,, dimakan saat perut kosong bangun pagi,, konsisten slma 2 Minggu,,

Attor malum do tutu,, di lem akka nabocor halus, akka dinding lambung Niba na terkikis i, attor Poltik pakkilalan,,

Smnjak dr situ smpe skrng ga prnh lagi bermasalah namanny bagian dalam, aplg asam lambung..

Sgera praktek kan ya teman teman,, obat termanjur ini, mudah didapat, anti ribet,,,Slmat manogot ma dihita ?,” tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 53 ribu kali ditonton dan mendapat 148 komentar warganet.

Benarkah mengonsumsi rebusan tepung kanji dan gula merah bisa menyembuhkan asam lambung akut hingga infeksi usus? Berikut penelusurannya.

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim mengonsumsi rebusan tepung kanji dan gula merah bisa menyembuhkan asam lambung akut hingga infeksi usus.

Penelusuran dilakukan dengan menghubungi Guru Besar sekaligus Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Profesor Dr dr Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH. Ia mengatakan bahwa klaim tersebut tidak benar alias hoaks.

“Itu hoaks,” kata Prof Ari kepada Liputan6.com, Sabtu (11/6/2022).

Prof Ari menambahkan, tidak ada bukti klinis yang mendukung klaim tersebut. Menurutnya, mengonsumsi rebusan tepung kanji dan gula merah tidak bisa menyembuhkan asam lambung akut hingga infeksi usus.

Kesimpulan

Klaim mengonsumsi rebusan tepung kanji dan gula merah bisa menyembuhkan asam lambung akut hingga infeksi usus ternyata tidak benar alias hoaks. Tidak ada bukti klinis yang mendukung klaim tersebut.

Sumber berita : https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4984082/cek-fakta-hoaks-mengonsumsi-rebusan-tepung-kanji-dan-gula-merah-bisa-sembuhkan-asam-lambung-akut