Cara Mencegah Dehidrasi Saat Bunda & Keluarga Mudik Lebaran

#LiputanMedia

Jakarta – Jelang lebaran nanti, Bunda dan keluarga berencana mudik ke kampung halaman? Nah, sebelum berangkat mudik, baiknya simak tips berikut agar semua anggota keluarga tidak mengalami dehidrasi sepanjang perjalanan.

Menurut Ketua Departemen Ilmu Gizi, Fakultas Kedokteran UI, dr.Nurul Ratna Mutu Manikam, M.Gizi, Sp.GK, saat mudik sangat disarankan menyediakan air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan. Apalagi mudik dengan mobil yang kemungkinan besar terjebak macet. Kata Nurul, minumnya sedikit-sedikit saja, Bun, yang penting sering.

“Kalau misalkan perjalanannya jauh, dan enggak kuat puasa, boleh diganti puasanya. Jadi pada saat nyetir, disarankan ada air putih di samping dia,” kata Nurul kepada HaiBunda, usai mengisi acara di Menteng, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Nah, Nurul sendiri menyarankan untuk membeli air mineral kemasan 1,5 liter dan minimal habis dalam sehari. Dengan catatan, air putih lho ya, bukan air berasa.

“Sebenarnya kalau untuk kesehatan tetap air putih, tidak disarankan yang lain, karena (yang lain) ada gulanya, bisa meningkatkan diabetes, terus ada juga air yang bisa menyebabkan kencing-kencing terus, jadi bisa dehidrasi,” papar Nurul.

Nurul juga menyarankan, di samping minum air putih, selama perjalanan gantilah camilan dengan makanan sehat, yaitu buah-buahan. Ini bukan hanya untuk supir, tapi juga semua penumpang yang ikut mudik.

“Daripada biskuit atau camilan tinggi natrium, itu bikin haus terus tenggorokan kering, jadi mending camilan buah yang kaya air, misal semangka, melon, pepaya, jeruk, kan ada sensasi rasa segar, jadi asem, melek kan,” jelasnya.

Tapi, ada saja nih yang khawatir kalau selama perjalanan banyak minum, jafi sering ingin buang air kecil. Gimana solusinya ya?

“Jadi sebetulnya seseorang punya respons sendiri, dia merasa haus pada saat kurang minum. Dan kalau udah merasa cukup minum ya sudah, jarang yang minum sampai dua liter gitu,” terang Nurul.

Nah, kalau memang di perjalanan terasa ingin kencing, Nurul menegaskan jangan ditahan. Karena menahan kencing bisa meningkatkan infeksi. Jadi memang sebaiknya cari toilet atau tempat yang bisa buang air kecil, misal singgah dulu ke rest area.

Namun, jika selama perjalanan mudik Bunda dan keluarga tetap memutuskan berpuasa, agar tak mengalami dehidrasi baiknya mencukupi kebutuhan cairan saat sahur dan berbuka, serta makanlah makanan kaya energi agar kuat selama perjalanan. Kalau tidak kuat puasa, jangan dipaksakan ya, Bun.

 

Sumber berita: https://www.haibunda.com/…/cara-mencegah-dehidrasi-saat-bun…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *