Bukan Menyumbat Usus, Ini Bahaya Berlebihan Minum Boba Sesungguhnya

#LiputanMedia

Jakarta – Mempunyai cita rasa yang unik membuat boba sangat digemari. Terlalu banyak mengonsumsi boba memang akan menyebabkan masalah kesehatan, tetapi tidak seperti yang digembar-gemborkan sampai nyasar masuk empedu.

Menurut ahli pencernaan dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Prof Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, karbohidrat yang juga gula dalam kandungan boba akan berbahaya bila dikonsumsi secara terus-menerus.

“Masalahnya gini, banyak orang itu makan gula terlalu berlebihan, misalnya minum minuman kemasan, dan karbohidratnya dikonsumsi pagi, siang, malam akhirnya apa? Di orang tersebut mengalami yang kita sebut penumpukan kadar gula yang tinggi, akhirnya mengalami kencing manis (diabetes) karena mengonsumsi kadar gula yang tinggi,” kata Prof Ari kepada detikcom, Senin (20/1/2020).

Kencing manis atau diabetes dapat menyebabkan penyakit komplikasi, seperti kerusakan saraf, tekanan darah tinggi, dan mengerasnya dinding pembuluh darah.

Menurutnya orang yang masih berusia muda pun dapat dengan mudah terkena kencing manis, apabila mengonsumsi karbohidrat secara berlebihan.

“Ada pasien saya masih muda umur 40-an sudah menderita kencing manis. Saya memang sudah menduga kalau dia mengonsumsi karbohidrat yang berlebihan, dan ketika di treat memang iya setiap hari meminum minuman kemasan, soft drink segala macam setiap hari, pagi, siang malam, akhirnya apa? Itu kan ada komponen gulanya disana,” ucap Prof Ari menjelaskan.

Sumber berita: https://health.detik.com/…/bukan-menyumbat-usus-ini-bahaya-…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *