Info FKUIUncategorized

Raih 22 Penghargaan, CIMSA UI Tutup Tahun 2020 dengan Gemilang

#Liputanmedia

Center for Indonesian Medical Students’ Activities atau yang biasa disingkat dengan CIMSA adalah organisasi nasional mahasiswa kedokteran yang bersifat independen, nonprofit, dan tidak terafiliasi dengan pemerintah maupun politik.
CIMSA merupakan organisasi berbasis aktivitas terkait kesehatan masyarakat, pertukaran pelajar klinik dan riset, pendidikan kedokteran, hak asasi manusia, dan kesehatan reproduksi.
CIMSA Indonesia adalah anggota penuh dari International Federation of Medical Students` Association (IFMSA) dan saat ini menaungi 27 CIMSA tingkat universitas di Indonesia, termasuk CIMSA Universitas Indonesia.
Salah satu agenda besar yang rutin dilaksanakan oleh CIMSA adalah October Meeting, dimana pada pertemuan tersebut seluruh anggota CIMSA bertemu dan membahas rencana kerja organisasi selama satu tahun ke depan. October Meeting juga diisi oleh serangkaian kegiatan ilmiah seperti Grand Lecture, Training, Small Class, Parallel Session, dan General Issue Update yang membahas topik seputar permasalahan kesehatan terkini yang ada di masyarakat.
Selain itu, terdapat pula agenda Community Development Session yang merupakan pameran singkat aktivitas community development dari tiap lokal CIMSA terpilih. Aktivitas dengan pameran dan presentasi terbaik menjadi pemenang dalam sesi ini.
Local Coordinator CIMSA UI, Muhammad Dzaky Darmawan, kepada HUMAS FKUI mengatakan, “Berita baik dari CIMSA UI, kami berhasil mendapatkan 22 penghargaan di October Meeting CIMSA Indonesia 2020. Suatu prestasi yang membanggakan bagi CIMSA UI karena dapat meraih penghargaan dari berbagai kategori.”
Seluruh penghargaan yang berhasil diraih oleh CIMSA UI terbagi menjadi beberapa kategori. Untuk kategori GENERAL, CIMSA UI berhasil meraih penghargaan sebagai Top 2 University; Best External Team; Best Internal Team; dan Top 2 University Research Supporting Division.
Pada kategori STANDING COMMITTEE, CIMSA UI dinobatkan sebagai Best Standing Committee on Public Health; Top 3 Standing Committee on Sexual & Reproductive Health and Rights including HIV & AIDS; Top 3 Standing Committee on Research Exchange; dan Top 4 Standing Committee on Medical Education.
Kategori ACTIVITIES, beberapa penghargaan yang berhasil diraih adalah Top 2 Activities of Standing Committee on Medical Education: Breaking The Silence; Top 2 Activities of Standing Committee on Human Rights and Peace: RACER (Refugee Against Coronavirus-19); dan Top 5 Activities of Standing Committee on Professional Exchange: LETTER (Lenses Through The World).
Kategori lain dimana CIMSA UI berhasil mendulang prestasi adalah pada kategori EXTERNAL, UPGRADING, AND FINANCE, yaitu sebagai Top 2 External of Standing Committee on Human Rights and Peace; Top 2 External of Standing Committee on Medical Education; Best Upgrading of Standing Committee on Medical Education; dan Top 5 Finance of Standing Committee on Medical Education.
Tidak hanya sebagai organisasi, beberapa anggota CIMSA UI juga berhasil meraih penghargaan individu, yaitu sebagai Best Local Coordinator atas nama Muhammad Dzaky Darmawan; Best Treasurer atas nama Wastucitra Cantika; Best Human Resource Development Director atas nama Faradinda Ramadhian Hakim dan Anindya Putra Julianno; Best Research and Development Coordinator atas nama Nadira Erwanto; Best Research and Development Team atas nama Ranita Astikya; Top 3 Local Public Health Officer atas nama Ratna Fitranti Lanasiwi; dan Top 3 Local Officer on Medical Education atas nama Annisa Putri Aulia.
“Berbagai penghargaan yang diraih oleh CIMSA UI adalah karena keaktifan dan semangat anggota kami untuk selalu berdampak baik bagi masyarakat luas serta mahasiswa kedokteran. Semoga kedepannya CIMSA UI dapat semakin termotivasi dalam mewujudkan `empowering medical students, improving nation’s health`. Untuk informasi lain mengenai aktivitas CIMSA UI dapat diakses melalui instagram @cimsaui. Be ACTIVE with CIMSA!” tutup Dzaky.
(Humas FKUI)