Info FKUIUncategorized

Dokter Ingatkan Pasien Maag Jangan Konsumsi Vitamin C Berlebihan, Kenapa?

#Liputanmedia

SuaraJogja.id – Konsumsi vitamin C dianjurkan karena baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Namun menurut dokter, pasien maag sebaiknya tidak mengonsumsi vitamin C terlalu banyak.

Dikatakan Prof Ari Fahrial Syam, pakar penyakit dalam dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, ada batasan maksimal asupan vitamin C bagi pasien maag.

“Kalau punya (penyakit) lambung harus hati-hati. Paling aman konsumsi vitamin C di bawah 500 miligram atau 300 lah maksimal perhari,” kata prof Ari dalam siaran langsung Instagram, Selasa (11/8/2020).

Ia bercerita, pernah memiliki pasien yang datang berobat karena mengalami demam. Lantaran khawatir telah terinfeksi virus corona, pasien tersebut banyak mengonsumsi vitamin c dalam berbagai produk meskipun hasil rapid tes telah menunjukan negatif.

“Akhirnya yang ada maag-nya kambuh dan gak mau makan. Itu justru memperburuk keadaan. Alih-alih dia mau mencegah malah terkena penyakit,” ucapnya.

Menurut Ari, dalam mengonsumsi suplemen kesehatan, harus bisa mengenali tanda-tanda yang terjadi pada tubuh. Sekalipun yang dikonsumsi berupa herbal, Ari menyampaikan efek samping tetap bisa terjadi.

“Saya selalu dapat pertanyaan, ‘herbal kan gak ada efek sampingnya, dok?’ Siapa bilang. Air mineral kalau dikonsumsi berlebihan dalam waktu singkat aja bisa bikin mual dan kembung,” ujarnya.

Cara paling aman dalam menjaga daya tahan tubuh, menurut Ari, dengan mencukupi konsumsi sayur dan buah. Suplemen diperbolehkan asalkan juga diimbangi dengan istirahat yang cukup.

Sumber berita: https://jogja.suara.com/…/dokter-ingatkan-pasien-maag-janga…