Visi Misi Program Studi Magister

VISI :

Menjadi penyelenggara pendidikan Magister Ilmu Gizi yang unggul dan berdaya saing global, melalui upaya mencerdaskan kehidupan bangsa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sehingga berkontribusi bagi pembangunan Indonesia dan dunia

MISI:

  1. Menyediakan akses yang luas dan adil, serta pendidikan ilmu gizi yang berdasarkan evidence-based medicine, dan pengajaran yang berkualitas
  2. Menyelenggarakan kegiatan Tridharma yang bermutu dan relevan dengan tantangan nasional serta global
  3. Menciptakan lulusan magister ilmu gizi yang berintelektualitas tinggi, berbudi pekerti luhur, dan berdaya saing global, serta mampu berkolaborasi dalam mewujudkan program untuk mengatasi permasalahan baik dalam lingkup gizi komunitas dan gizi klinik secara komprehensif
  4. Menciptakan iklim akademik yang mampu mendukung perwujudan visi FKUI
  5. Mendukung penyelenggaraan sistem kesehatan akademik (Academic Health System) dalam bidang gizi untuk pembangunan kesehatan wilayah

TUJUAN:

  1. Menyelenggarakan pendidikan ilmu gizi yang inklusif, berdasar pada budi pekerti luhur, keterpercayaan, integritas, saling menghargai dan kebhinekaan dalam lingkungan yang aman dan bersahabat
  2. Berperan dalam peningkatan kuantitas dan kualitas pelayanan kesehatan kepada bangsa, negara, dan dunia melalui kolaborasi, kemitraan, dan kesempatan untuk pengayaan ilmu pengetahuan dan budaya melalui pendidikan ilmu gizi yang berkelanjutan
  3. Mendorong dan mendukung peran serta aktif sivitas akademika dalam pembangunan dan pengabdian kepada masyarakat yang demokratis, sejahtera, dan beradab sebagai kekuatan moral yang mandiri dalam mewujudkan program gizi melalui sistem kesehatan akademik (Academic Health System/AHS)
  4. Memperkuat peran sebagai penyelenggara pendidikan ilmu gizi melalui kerja sama dengan lembaga, asosiasi, dan institusi pendidikan ilmu gizi baik di dalam dan luar negeri
  5. Menyiapkan peserta didik agar menjadi lulusan yang cerdas dan bernurani, serta mampu berkolaborasi dalam mewujudkan program untuk mengatasi permasalahan baik dalam lingkup gizi komunitas dan gizi klinik secara komprehensif melalui penyediaan program pendidikan magister ilmu gizi yang berdasarkan evidence-based medicine dalam rangka memajukan ilmu pengetahuan, inovasi bidang gizi, dan kebudayaan
  6. Berinvestasi pada pengembangan sarana dan prasarana serta profesionalisme sumber daya manusia Program Studi dalam rangka mencapai keunggulan kompetitif melalui pengajaran, riset, dan pengabdian kepada masyarakat
  7. Mendorong dan menguatkan pengembangan ilmu gizi melalui penelitian monodisiplin, multidisiplin, interdisiplin, dan transdisiplin demi menjawab tantangan persoalan kehidupan yang makin kompleks
  8. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, inovasi bidang gizi, dan kebudayaan serta mengupayakan penerapannya yang berdasarkan evidence-based medicine untuk meningkatkan martabat dan kehidupan masyarakat

ISU STRATEGIS:

  1. Meningkatkan mutu pendidikan
  2. Meningkatkan kemitraan dengan institusi dalam dan luar negeri
  3. Internasionalisasi program studi (akreditasi internasional)

 

STRATEGI:

  • Percepatan dalam mendorong dosen tetap melanjutkan pendidikan S3/Doktor
  • Peningkatan jumlah dosen tetap dengan kepakaran gizi komunitas
  • Pengembangan grand design terkait regenerasi staf dan pengembangan kompetensi staf
  • Evaluasi kurikulum secara berkala dengan melibatkan stakeholder internal dan eksternal
  • Identifikasi fasilitas dan sarana prasarana penunjang di FKUI untuk kegiatan pembelajaran
  • Identifikasi mitra yang sudah memiliki MoU dengan UI atau dengan FKUI yang berpotensi untuk berkolaborasi dalam Tridharma bidang gizi
  • Percepatan proses penyusunan dan pengajuan PKS dengan mitra yang bersangkutan melalui koordinasi dengan bagian Legislasi dan Layanan Hukum FKUI
  • Memperjelas prosedur kerja sama dengan mitra dalam hal penyelenggaraan kegiatan Tridharma
  • Penentuan benchmark institusi pendidikan magister ilmu gizi yang memiliki predikat unggul di tingkat internasional, dengan mempertimbangkan struktur kurikulum yang digunakan
  • Identifikasi lembaga penyelenggara sertifikasi/akreditasi lembaga pendidikan gizi di tingkat internasional
  • Identifikasi tahapan-tahapan sertifikasi/akreditasi internasional dari lembaga yang bersangkutan