Buku Bergambar CERIA, Metode Baru Edukasi Gizi pada Anak-anak

Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) dan Departemen Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI), SEAMEO-RECFON dan Kecamatan Senen Jakarta Pusat berkolaborasi menggagas sebuah program pengabdian kepada masyarakat yang inovatif bertema edukasi gizi pada anak-anak. Program inovatif ini berupa metode fun learning pengembangan karakter (character building) dan edukasi gizi usia dini melalui Buku Bergambar.

Buku Bergambar CERIA, Cerdas, Bergizi, dan Aktif, merupakan perangkat edukasi interaktif yang dapat digunakan untuk jenjang Taman Kanak-kanak (TK) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Buku Bergambar ini terdiri dari 3 seri antara lain seri 1 “Mantra si Monster Jaja” dengan topik Jajanan Sehat dan Kedisiplinan; seri 2 “Merah Matahari dan Tuwing si Kelinci” dengan topik Sayuran Hijau dan Kejujuran; dan seri 3 “Petualangan Seru di Pulau Rara” dengan topik “Piring Makanku dan Bersyukur”.

Pengembangan metode fun learning Buku Bergambar CERIA dimulai sejak tahun 2015 bersama dengan Pusat Kajian Gizi SEAMEO RECFON, luaran kegiatan yaitu modul CERIA yang dilengkapi flipchart TV dan permainan tumpeng gizi. Kemudian pada tahun 2017, melalui pendanaan dari hibah Pengabdian Masyarakat Kemristekdikti Tahun Anggaran 2017, tim pengabdi yang terdiri dari dr. Rina Agustina, MSc, PhD (FKUI); dr. Erfi Prafiantini, M.Kes (FKUI) dan Putu Chandra Dewi Kardha, S.Sos, M.Si (FISIP UI) mengusung “Metode Fun Learning Character Building dan Edukasi Gizi CERIA (Cerdas, Bergizi, dan Aktif) untuk Perbaikan Gizi Anak Usia Dini” yang berisi panduan edukasi gizi dan pengembangan karakter anak. Kegiatan tersebut juga melibatkan mahasiswa Program Studi Magister Ilmu Gizi FKUI.

Sasaran program implementasi komik ini terdiri dari beberapa sekolah Taman Kanak-kanak (TK) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang berada di lingkungan Kecamatan Senen Jakarta Pusat. Tujuan program ini untuk menjamin keberlangsungan kehidupan anak sejak awal dapat berlangsung optimal melalui upaya meningkatkan mutu asupan makanan anak yang diintegrasikan dengan program pembentukan karakteristik yang relevan dengan perkembangan kognitif, bahasa, dan sosial emosi. Tim pengabdi berharap Buku Bergambar CERIA ini dapat menjadi salah satu karya Universitas Indonesia Untuk Indonesia.