Departemen Pendidikan Kedokteran

Departemen Pendidikan Kedokteran

 

Departemen Pendidikan Kedokteran FKUI didirikan dengan tujuan untuk menjadi pusat ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya dalam bidang pendidikan kedokteran dan profesi kesehatan yang unggul dan berdaya saing, melalui upaya mencerdaskan kehidupan bangsa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sehingga berkontribusi bagi pembangunan Indonesia dan dunia.

Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, Departemen Pendidikan Kedokteran FKUI memiliki misi :

  • Menyediakan akses yang luas dan adil serta pendidikan dan pengajaran dalam bidang pendidikan kedokteran dan profesi kesehatan yang berkualitas;
  • Menyelenggarakan kegiatan Tridarma (pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat) dalam bidang pendidikan kedokteran dan profesi kesehatan yang bermutu dan relevan dengan tantangan nasional serta global;
  • Menciptakan lulusan dalam bidang pendidikan kedokteran dan profesi kesehatan yang berintelektualitas tinggi, berbudi pekerti luhur, dan mampu bersaing secara global;
  • Menciptakan iklim akademik yang mampu mendukung perwujudan visi UI;
  • Berpartisipasi dalam penyelenggaraan sistem kesehatan akademik (Academic Health System, AHS) untuk pembangunan kesehatan wilayah.

KEGIATAN DEPARTEMEN PENDIDIKAN KEDOKTERAN

Pendidikan dan Pengajaran

S1 (Pendidikan Dokter/Profesi)

Staf pengajar Departemen Pendidikan Kedokteran terlibat dalam proses pendidikan dan pengajaran di Program Studi Pendidikan Dokter tahap Sarjana dan Profesi. Departemen Pendidikan Kedokteran mengampu satu dari sejumlah pilihan yang ada dalam Modul Elektif Non Klinik yang dilaksanakan di semester 7 atau semester 8 Kurikulum Program Pendidikan Dokter, yaitu Modul Student As Teachers (SAT).

Seluruh kegiatan dan pengalaman belajar dalam Modul SAT sesuai dengan beban studi 3 SKS dan diselenggarakan dalam waktu 4 minggu. Modul SAT membahas mengenai peran mahasiswa dalam proses peer-assisted learning dan berbagai teori pendidikan kedokteran serta bukti terkini yang melandasinya. Selain itu, dalam modul ini mahasiswa diajak untuk mengidentifikasi berbagai aspek kompetensi dokter yang harus dicapai, mendalami proses belajar dari berbagai sudut pandang, merumuskan metode pembelajaran yang menarik dan inovatif, mengasah kemampuan menyusun alat asesmen dan melatih kemampuan memberikan dan menyikapi umpan balik.

Selain Modul SAT, staf pengajar Departemen Pendidikan Kedokteran juga terlibat dalam penyelenggaraan modul lain sebagai tim pengelola modul pada Program Studi Pendidikan Dokter, di antaranya:

  • Modul Humaniora Profesionalisme dan Kompetensi Budaya (HPKB)
  • Modul Kolaborasi dan Kerjasama Tim Kesehatan 1&2
  • Modul Empati Etik dan Profesionalisme
  • Modul Pembelajaran Dewasa

Staf pengajar Departemen Pendidikan Kedokteran juga terlibat sebagai fasilitator pada modul tahap preklinik lainnya dan narasumber terkait pengembangan kemampuan humanisme dan profesionalisme mahasiswa kedokteran. Selain itu, staf pengajar Departemen Pendidikan Kedokteran juga terlibat dalam penyelenggaraan modul berbasis Massive Open Online Course. Staf pengajar Departemen Pendidikan Kedokteran juga aktif dalam pengembangan kurikulum dan sistem asesmen di Medical Education Unit dan dalam pelaksanaan tugas terkait pengembangan pendidikan di FKUI. 

S2 (Magister)

Program Studi Magister Pendidikan Kedokteran merupakan program studi yang diampu oleh Departemen Pendidikan Kedokteran FKUI yang didirikan untuk menciptakan lulusan program studi yang mampu memimpin, mengelola, dan mengembangkan program pendidikan dokter dan profesi kesehatan secara profesional sesuai dengan bukti ilmiah, serta mampu mengembangkan pendidikan kedokteran melalui inovasi dan riset yang dikelolanya, berdasarkan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan industry saat ini, sesuai dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) Level 8.

Tautan profil Magister Pendidikan Kedokteran:

S3 (Doktor) Kedokteran Kekhususan Pendidikan Kedokteran

Pengembangan kecendekiawanan di bidang pendidikan kedokteran memungkinkan riset dan inovasi di level S3. Sejak tahun 2017, Program S3 Kedokteran di FKUI telah membuka bidang riset pendidikan kedokteran dan Departemen Pendidikan Kedokteran FKUI berperan dalam proses pendidikan dan riset tingkat doktoral tersebut. Peta jalan penelitian Departemen Pendidikan Kedokteran juga memberikan informasi tentang potensi pengembangan penelitian di bidang ini untuk para kandidat S3.

Penelitian dan Karya Inovasi

Peta Jalan Riset

Publikasi internasional dalam 5 tahun terakhir :

Tahun 2021 :

No Judul Jurnal Nama Jurnal Penulis
1 Development of a new instrument to assess clinical performance of residents in dermatology-venereology department The Asia Pacific Scholar (TAPS) vol 6, no 1, January 2021, p.70-82 Sandra Widaty*, Hardyanto Soebono, Sunarto, Ova Emilia
2 The relationships between resilience and student personal factors in an undergraduate medical program BMC Medical Education (2021) 21:113 Ardi Findyartini*, Nadia Greviana, Aziz M.Putera, Reynardi L.S, Estivana Felaza
3 Collaborative writing for clinical educators: recommendations from a community of scholars BMC Medical Education (2021) 21:138 Gilbert  Lazarus,  Ardi Findyartini*, Aziz Muhamd P, Nico Gamalie, David N, Imam A, Jason P, Lyana, Bagas A & Indah Suci W.
4 Collaborative writing for clinical educators: recommendations from a community of scholars The Clinical Teacher 2021 Ardi Findyartini* ;Subha Ramani ; Judy McKimm;  Alice Fornari
5 Professional Identify Formation of Medical Teachers in a non-Western Setting Medical Teacher 2021 Maradistuti HW, Ardi Findyartini*, Diantha Soemantri, Rita Mustika, Estivana Felaza, Yvonne Steinert, Dujeepa D.Samarasekera, Nadia Greviana, Rachmadya Nur Hidayah, Umatul Khoiriyah, & Daniel Ardian Soeselo
6 Good knowledge but poor practice toward covid-19 among Indonesian Youth Asia Pacific Journal of Public Health 2021 Ahmad Fuady*, Alevina Chandra Khoe, Tiara Berliana Azzahra, Haifa Mayang Lestari, Reynardi L.Sutanto, Edward Christopher Yo, Kemal Akbar Suryoadji, Nani Cahyani Sudarsono, Ardi Findyartini

Tahun 2020 :

No Judul Jurnal Nama Jurnal Penulis
1 Establishing and sustaining a transnational clinical teacher faculty development initiative The Asia Pacific Scholar (TAPS) vol 5, no 1, January 2020, p.8-15 Justin Blilszta, Jayne Lysk, Ardi Findyartini, Diantha Soemantri*
2 Faculty development in medical education : an environmental scan in countries within the Asia Pacific Region Korean Journal Medical Educatiopn (KJME) 2020, Jun; 32(2): 119-130 Dujeepa D. Samarasekera*, ShuhShing Lee, Ardi  Findyartini, Rita Mustika, Hiroshi Nishigori, Shunsuke Kimura, Young-Mee Lee
3 Relationship between empathy & motivation in undergraduate medical students GMS JME 2020 Vol 37(4) Ardi Findyartini*, Estivana Felaza, Daniar Setyorini, Rita Mustika
4 How motivation correlates with academic burnout : Study conducted in undergraduate medical students Education in Medicine Journal Vol 12(1) : 43-52 Estivana Felaza*, Ardi Findyartini, Daniar Setyorini, Rita Mustika
5 Unveiling the Hurdles in Cultivating Humanistic Physicians in the Clinical Setting: An Exploratory Study Malays J Med Sci. 2020;27(3):117–124 Rita Mustika*, Diantha Soemantri
6 Dealing with negative role modelling in shaing professional physician: an exploratory study Journal of Pakistan Medical Association, Vol. 70 Issue 9 Sept 2020 Ita Armyanti, Rita Mustika*, Diantha Soemantri
7 Development of e-portfolio in undergraduate clinical dentistry: How trainees select and reflect on evidence European Journal of Dental Education  Vol. 24  Issue 2 :320-327, May 2020 Nadia Greviana, Rita Mustika, Diantha Soemantri*
8 Admission policies and methods at crossroads: a review of medical school admission policies and methods in seven Asian countries Korean J Med Educ 2020; 32(3): 243-256.Published online: July 21, 2020 Diantha Soemantri*, Indika Karunathilake, Jen-Hung Yang, Shan-Chwen Chang, Chyi-Her Lin, Vishna D. Nadarajah, Hiroshi Nishigori, Dujeepa D. Samarasekera, Shuh Shing Lee, Lilybeth R. Tanchoco, Gominda Ponnamperuma2
9 Indonesian health professions students’ perceptions toward an interprofessional education program: Findings after five years of implementation Makara Journal Health Research Vol.24 No.2, Agustus 2020 Santi Purnasari, Diantha S*, Dian Ayubi, Evi Marta, Hanni Handyani, Ardi Findyartini
10 Medical students in Indonesia: an invaluable living gemstone during coronavirus disease 2019 pandemic Korean J Med Educ  2020 Vol.32(3); p. p.237-241 Gilbert  Lazarus*,  Ghea  Mangkuliguna  and  Ardi  Findyartini
11 Exploration of constructive feedback practices in dental education chairside teaching: A case study European Journal of Dental Education  Vol. 24  Issue 3 :580-589, April  2020 Nur HNP, Estivana F, Ardi F*
12 Performance assessment: consensus statement & recommendations frim the 2020 OTTAWA Conference Jurnal Medical Teacher 2020 Katharine Boursicot*, Sandra Kemp, Tim Wilkinson, Ardi Findyartini, Claire Canning, Francois Cilliers, Richard Fuller
13 Twelve tips for developing a global community of scholar in ghelath professions education Medical Teacher 2020 Subha Ramani*, Judy McKimm, Ardi Findyartini, Vishna Devi N, Richard Hays, Margaret SC, Helena PF, Alice R, Elizabeth KK, Rashmi AK, Harish T, & Keith WW
14 Adaption of internet-based multiple mini interviews in a limited-resource medical school during the coronavirus diseases 2019 pancemic Korean J Med Educ 2020; 32(4): 281-289. Sophie Yolanda, Wismandari Wisnu, James Marcus Wahyudi, Ardi Findyartini*
15 Stereotypes among health professions in Indonesia an explorative study Korean J Med Educ 2020; 32(4): 329-341.Published online: Des 2020 Sri Darmayani, Ardi Findyartini, Natalia Widiasih, Diantha Soemantri*

Tahun 2019 :

No Judul Jurnal Nama Jurnal Penulis
1 The odyssey of medical education in Indonesia The Asia Pacific Scholar (TAPS) vol 4, no 1, January 2019, p.4-8 Rita Mustika*, Hiroshi Nishigori, Sjamsuhidajat Ronokusumo, Albert Scherpbier
2 Healthcare professionals’ perceptions regarding interprofessional collaborative practice in Indonesia Journal of Interprofessional Education & Practice 15 (2019), p. 24-29   Rezki Yeti Y., Ardi Findyartini*, Diantha Soemantri
3 Evaluation of the Role of Near-Peer Teaching in Critical Appraisal Skills Learning A Randomized Crossover Trial  International Journal of Medical Education 2019; 10; 9-15 Indah Suci Widyahening, Ardi Findyartini, Respati W, Ranakusuma, Esthika Dewiasty, Kutjoro Harimurti
4 The supporting and inhibiting factors of interprofessional collaborative practice in a newly established teaching hospital  Journal of Interprofessional Education & Practice 15 (2019), p. 149-156  Diantha Soemantri, Daniel Richard Kambey, Rezki Yeti Yusra, Amandha Boy Timor, Candrika Dini Khairani, Daniar Setyorini, Ardi Findyartini
5 Interprofessional collaborative practice in primary healthcare settings in Indonesia: a mixed-methods study  Journal of Interprofessional Education and Practice / Elsevier Vol 17, Desember 2019 Ardi Findyartini, Daniel Ricahrd Kambey, Rezki Yeti Yusra, Amandha Boy Timur, Candrika Dini Khairani,Daniar Setyorini, Diantha Soemantri
6 Transnational clinical teacher training: Lessons learned and cross-cultural implications  The Asia Pacific Scholar (TAPS) vol 4, no 3, September 2019, p.79-90 Ardi Findyartini, Justin Bilszta, Jayne Lysk & Diantha Soemantri
7 The relationship between empathy and stress: a crosssectional study among undergraduate medical students  Korean Journal of Medical Education (Korean J Med Educ) 2019 Sep; 31(3): 215-226. James Wiguna Wahjudi, Ardi Findyartini, Fransiska Kaligis
8 The relationship between gender & coping mechanisms with butnout events in first-year medical students  Korean Journal of Medical Education (Korean J Med Educ) 2019 ;31(4): Dec; 305-000.  Rena Palupi, Ardi Findyartini
9 Measuring the interporfessional collaborative competencies of health-care students using a validated Indonesian version of the CICS29  Journal of Interporfessional Care 2019, 12 Dec 2019 Diantha Soemantri, Santi Purna Sari, Tri Wahyuni, Dian Ayubi, Sigit Mulyono, Melissa Adiatman, Ardi Findyartini
10 Formulating a Need-Based Faculty Development Model for Medical Schools in Indonesia Malaysia Journal of Medical Sciences 2019: 26(6): 90-100, online: 30 Des 2019 Riry Ambarsarie, Rita Mustika, Diantha Soemantri

Tahun 2018 :

No Judul Jurnal Nama Jurnal Penulis
1 Remediating lapses in professionalism among undergraduate medical students in an Asian institution: A multimodal approach BMC Medical Education, 2 Mei 2018 Ardi Findyartini, Nani Cahyani Sudarsono
2 Development of clinical learning environment measure in the undergraduate medical program Advanced Science Letter, Agustus 2018, Vol.24, No.8, 2018  Ardi Findyartini, Denita B.Utami
3 Undergraduate medical students’ perceptions on feedback-seeking behaviour  Malaysian Journal of Medical Sciences,Vol 25 No 1, Jan-Feb 2018, p. 75-83  Dwita Oktaria, Diantha Soemantri (coresponden author)
4 Measuring medical students’reflection on their learning : modification and validitation of the motivated strategies for learning questionnaire (MSLQ) BMC Medical Education, November 2018  Diantha Soemantri, Geoff Mccoll, Agnes Dodds
5 Examining the nature of feedback within the Mini Cex: an analysis of 1427 Mini Cex assessment forms GMS Journal for Medical Education, Vol.35(4), November 2018 Diantha Soemantri, Agnes Dodds, Geoff Mccoll
6 The Tutorial Process in Problem Based Learning and Its Related Factors: A Qualitative Study  J Med Education 2018; 22: 98-106 Mardiastuti H Wahid, Titi Savitri Prihatiningsih, Gandes Retno Rahayu, Rita Mustika & Estivana Felaza
7 Perceptions of academic achievers and under-achievers on learning environment at Sam Ratulangi University, Indonesia Advance Science Letters Vol. 24 (9), 6677-6780  Linda Tompodung, Sandra Widaty, Indah Suci Widyahening

Tahun 2017 :

No Judul Jurnal Nama Jurnal Penulis
1 Medical student`s perceptions of educational environment: A study on DREEM in the faculty of medicinei universitas Indonesia in year 2012-2015 Advanced Science Letters Vol. 23(7), 6774-6777 Diantha Soemantri
2 Fixed-close combination antituberculosis therapy as a risk factor for tuberculosis reccurence: an evidence-based report Acta Medica Indonesiana 49(2), 175-182 A. Pramudita, Cleoplas Martin Rumende, Ardi Findyartini

Tahun 2016 :

No Judul Jurnal Nama Jurnal Penulis
1 How clinical reasoning is taught and learned: Cultural perspectives from the University of Melbourne and Universitas Indonesia BMC Medical Education Findyartini et al. BMC Medical Education (2016, August) 16:185 Ardi Findyartini, Lesleyanne Hawthorne, Geoff McColl & Neville Chiavaroli
2 The relationship between autonomous motivation and autonomy support in medical students’ academic achievement International Journal of Medical Education, 2016; 7:417-423, Des 2016 Rose Feri, Diantha Soemantri, Anwar Jusuf

Inovasi dan Hak Kekayaan Internasional

No Nama Jenis Inovasi
Judul Inovasi Nomor Pencatatan
EC00202015049  dr. Ardi Findyartini, Ph.D et al  Modul Modul Tanggap pandemi COVID-19 2020  000187616
EC00202015050 dr. Ardi Findyartini, Ph.D et al Modul Modul Tanggap pandemi COVID-19 : Rangkuman Materi 000187602
EC00202061239 dr. Dewi Anggraeni Kusumoningrum; dr. Ardi Findyartini, Ph.D; et al Booklet Ilustrasi Pada Modul Tanggap COVID-19 Untuk masyarakat Awam  000233058
EC00202065736 dr. Dewi Anggraeni Kusumoningrum; dr. Ardi Findyartini, Ph.D; et al Video  Video Pada Modul Tanggap COVID-19 untuk masyarakat awam  000228946
EC00202064920 dr. Diantha Soemantri, MMedEd, Ph.D Buku  Buku Panduan Refleksi Diri Dalam Pengembangan E-Portfolio 000228739
EC00202064919 dr. Diantha Soemantri, MMedEd, Ph.D, et al Buku Buku Panduan Pengembangan E-Portfolio Program Studi Pendidikan Dokter FKUI 000228737
EC00202064928 drg. Nadia Greviana, MPdKed; dr. Diantha Soemantri,M.Med.Ed., Ph.D, et al Program Komputer Laman Web E-portfolio Sebagai Metode Pembelajaran Kemampuan Refleksi Diri Peserta Didik Program Profesi Dokter Gigi 000230349
EC00202064928 dr. Diantha Soemantri,M.Med.Ed., Ph.D; dr. Rita Mustika, M.Epid, et al. Program Komputer Laman Web E-portfolio “Makara” Program Studi Dokter Fakultas Kedokteran UI 000230343
EC00202064918 dr. Rita Mustika, M.Epid,
dr. Diantha Soemantri, MMedEd, PhD et al
Buku Panduan Mentoring Coaching Dalam Pengembangan E-Portofolio 000229047
EC00202065739 dr. Dewi Anggraeni Kusumoningrum, dr. Ardi Findyartini, PhD et al Buku Modul Tanggap Pandemi COVID-19 Untuk Masyarakat Awam 000228744
EC00202119305 dr. Ardi Findyartini, dr. Diantha Soemantri, et al. Karya Rekaman Video Kumpulan Video Mata Kuliah Modul Buku Rancangan Pengajaran Program Studi Pendidikan Kedokteran FKUI 000246422
EC00202119315 dr. Ardi Findyartini, dr. Diantha Soemantri, et al Karya Rekaman Video Kumpulan Video Mata Kuliah Modul Pengembangan Kurikulum 2 Program Studi Pendidikan Kedokteran FKUI 000246423

 

Selain berbagai karya inovasi, Departemen Pendidikan Kedokteran juga telah menerbitkan buku, meliputi:

  1. Findyartini A, Jusuf A, Menaldi SLSW. Panduan Praktis Bagi Pengajar Klinis. 2017. Jakarta: CV Sagung Seto

Pelayanan dan Pengabdian pada Masyarakat

Pelatihan Clinical Teacher

Modul Pelatihan Dasar Clinical teacher adalah modul pelatihan yang bertujuan untuk menyiapkan staf pengajar di klinik untuk menjalankan peran sebagai Clinical Teacher di situasi pembelajaran klinik. Modul ini memiliki sasaran akhir untuk membuat peserta dapat menjelaskan prinsip pembelajaran, metode pembelajaran dan asesmen yang digunakan di situasi klinis.

Pelatihan Clinical teacher dasar ini biasanya dilakukan dalam pelatihan tatap muka selama 2 atau 4 hari dengan waktu pembelajaran kurang lebih 15 jam. Terdapat hands-on dan penugasan tertentu dalam pelatihan untuk memastikan pencapaian keterampilan yang menjadi sasaran akhir pelatihan. Pelatihan Clinical Teacher telah dilaksanakan baik di lingkungan AHS Universitas Indonesia maupun di berbagai Rumah Sakit Pendidikan dan Institusi Pendidikan Kedokteran di Indonesia.

Sebagai pengembangan, karena adanya pandemi COVID-19, modul ini dibuat dalam bentuk pembelajaran jarak jauh (PJJ). Modul ini dikemas dalam 3 sesi synchronous dan 3 sesi asinkronus dengan 3 penugasan dan 3 kerja kelompok untuk memastikan capaian keterampilan. Secara keseluruhan jumlah waktu pembelajaran sama dengan pelatihan tatap muka. Dengan demikian diharapkan modul ini dapat mencapai target pembelajaran yang telah ditentukan seperti modul asalnya.

 Lingkup Topik Pelatihan Clinical Teacher:

  1. Prinsip pembelajaran di situasi klinis
  2. Pengembangan profesionalisme dan humanisme di situasi klinis
  3. Karakteristik, masalah dan dinamika kelompok mahasiswa kedokteran
  4. Refleksi diri dalam pembelajaran di situasi klinis
  5. Penalaran klinik dan microskills
  6. Pemberian umpan-balik positif
  7. Bedside Teaching (BST)
  8. Teaching procedural skills
  9. Prinsip Work-based Assessment (WBA)
  10. Mini-CEX
  11. CBD
  12. Log-book dan portofolio

Pelatihan lainnya

Selain pelatihan Clinical Teacher, Departemen Pendidikan Kedokteran juga menyelenggarakan atau menjadi narasumber dalam berbagai pelatihan pengembangan staf pengajar di lingkungan FKUI, AHS Universitas Indonesia dan berbagai institusi terkait pengembangan kurikulum, asesmen, metode pengajaran, riset dan publikasi, peran staf pengajar (narasumber kuliah interaktif, fasilitator, mentor, panutan dan lain-lain) dalam konteks pendidikan kedokteran dan profesi kesehatan di semua level.

Ketua Departemen Pendidikan Kedokteran FKUI saat ini adalah Dr. dr. Rita Mustika, M.Epid.

Kepakaran (diurutkan berdasarakan abjad pada nama)

Staf Penuh Waktu:

  1. dr. Ardi Findyartini, Ph.D.
  2. dr. Diantha Soemantri, M.Med.Ed., Ph.D.
  3. dr. Estivana Felaza, M.Pd.Ked
  4. Dr. dr. Rita Mustika, M.Epid.
  5. dr. Nadia Greviana, M.Pd.Ked

Staf Paruh Waktu (Associate Staff):

  1. Prof. Dr. dr. Agus Purwadianto, SpFM(K), SH – Departemen Ilmu Kedokteran Forensik dan Medikolegal
  2. dr. Ahmad Aulia Yusuf, PhD – Departemen Histologi
  3. Prof. dr. Anwar Jusuf, SpP(K) – Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi
  4. dr. Arif Marshaban, SpAn(K) – Departemen Anestesiologi dan Terapi Intensif
  5. Prof. Dr. dr. Endang Basuki, MPH – Departemen Ilmu Kedokteran Komunitas
  6. dr. Indah Suci Widyahening, MSc, CM-FM – Departemen Ilmu Kedokteran Komunitas
  7. Prof. Dr. dr. Jenny Bashirudin, SpTHT-KL(K) – Departemen Ilmu Telinga, Hidung, Tenggorokan, Kepala, dan Leher
  8. Prof. dr. Lukman Hakim, SpPD-KKV – Departemen Ilmu Penyakit Dalam
  9. Prof. Dr. dr. Marcellus Simadibrata, SpPD-KGEH, FACG, FINASIM, FASGE – Departemen Ilmu Penyakit Dalam
  10. dr. Mardiastuti Wahid, MSc, SpMK – Departemen Mikrobiologi Klinik
  11. Prof. dr. Menaldi Rasmin, SpP(K), FCCP – Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi
  12. dr. Natalia Widiasih R, SpKJ(K), M.Pd.Ked – Departemen Ilmu Kesehatan Jiwa
  13. dr. Oktavinda Safitry, SpFM, M.Pd.Ked – Departemen Ilmu Kedokteran Forensik dan Medikolegal
  14. Prof. dr. R. Sjamsuhidajat, SpB-KBD – Departemen Ilmu Bedah
  15. Prof. Dr. dr. Retno W. Subaryo, SpKK(K) – Departemen Dermatologi dan Venerologi
  16. dr. Sandra Widati, SpKK(K) – Departemen Dermatologi dan Venerologi
  17. Dr. dr. Sri Linuwih Menaldi, SpKK(K) – Departemen Dermatologi dan Venerologi
  18. dr. Syntia Nusanti, SpM, M.Pd.Ked – Departemen Ilmu Kesehatan Mata
  19. dr. Wresti Indriatmi, SpKK(K), M.Epid – Departemen Dermatologi dan Venerologi

Departemen Pendidikan Kedokteran
Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia
Jl. Salemba Raya No. 6, Jakarta Pusat 10430
Telepon. (021) 3901814
Fax. ( 021) 3901814
Email. dpk.fk@ui.ac.id


Tautan terkait:

Buletin DPK : Newsletter for Excellent Medical Teacher (Excel Med)


on progress

Tab text goes here..

Tab text goes here..

Tab text goes here..

Tab text goes here..

Tab text goes here..

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not span in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty

X