Departemen Biologi

Departemen Biologi

Untitled-1 copy copy copy copy

Biologi (ilmu hayat) adalah ilmu mengenai kehidupan. Istilah ini diambil dari bahasa Belanda “biologie”, yang juga diturunkan dari gabungan kata bahasa Yunani, bios (“hidup”) dan logos (“lambang”, “ilmu”). Dahulu—sampai tahun 1970-an— digunakan istilah ilmu hayat (diambil dari bahasa Arab, artinya “ilmu kehidupan”).

Obyek kajian biologi sangat luas dan mencakup semua makhluk hidup. Karenanya, dikenal berbagai cabang biologi yang mengkhususkan diri pada setiap kelompok organisme, seperti botani, zoologi, dan mikrobiologi. Berbagai aspek kehidupan dikaji. Ciri-ciri fisik dipelajari dalam anatomi, sedang fungsinya dalam fisiologi; Perilaku dipelajari dalam etologi, baik pada masa sekarang dan masa lalu (dipelajari dalam biologi evolusioner dan paleobiologi); Bagaimana makhluk hidup tercipta dipelajari dalam evolusi; Interaksi antarsesama makhluk dan dengan alam sekitar mereka dipelajari dalam ekologi; Mekanisme pewarisan sifat—yang berguna dalam upaya menjaga kelangsungan hidup suatu jenis makhluk hidup—dipelajari dalam genetika.

Saat ini bahkan berkembang aspek biologi yang mengkaji kemungkinan berevolusinya makhluk hidup pada masa yang akan datang, juga kemungkinan adanya makhluk hidup di planet-planet selain bumi, yaitu astrobiologi. Sementara itu, perkembangan teknologi memungkinkan pengkajian pada tingkat molekul penyusun organisme melalui biologi molekular serta biokimia, yang banyak didukung oleh perkembangan teknik komputasi melalui bidang bioinformatika.

Ilmu biologi banyak berkembang pada abad ke-19, dengan ilmuwan menemukan bahwa organisme memiliki karakteristik pokok. Biologi kini merupakan subyek pelajaran sekolah dan universitas di seluruh dunia, dengan lebih dari jutaan makalah dibuat setiap tahun dalam susunan luas jurnal biologi dan kedokteran.

Pelayanan kesehatan yang dilakukan di laboratorium Departemen Biologi FKUI merupakan pelayanan kesehatan reproduksi (Andrologi, Imunologi Reproduksi), Genetika Manusia, Biologi Sel dan Molekuler.

Departemen Biologi Kedokteran FKUI saat ini diketuai oleh Dr. dr. Silvia W. Lestari, M.Biomed, Sp.And.

Kepakaran (diurutkan berdasarkan abjad pada nama)

  1. Prof. Dr. rer. nat. Dra. Asmarinah, M.Si.
  2. Dr. Dra. Dwi Anita Suryandari, M.Biomed.
  3. Drs. Dwi Ari Pujianto, MS, PhD
  4. Dra. Eldafira, M.Si
  5. Dr. dr. Indra Gusti Mansur, DHES, SpAnd
  6. Luluk Yunaini, S.Si, M.Biomed.
  7. dr. Lutfi Hardiyanto, Ph.D.
  8. Dr. Dra. Pudji Sari, MS.
  9. Dr. Dra. Silvia Werdhy Lestari, M.Biomed.
  10. Dr. dr. Yulia Ariani Aswin, Sp.A
  11. Dr. Drs. Yurnadi, M.Kes

Departemen Biologi Kedokteran
Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia
Jl. Salemba Raya No. 6, Jakarta Pusat 10430
Telp. (021) 31930379
Fax. (021) 31907281

on progress

Tab text goes here..

Tab text goes here..

Tab text goes here..

Tab text goes here..

Tab text goes here..

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not span in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty

X