Rektor UI Wisuda 3.950 Mahasiswa

Rektor Universias Indonesia, Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met memimpin upacara Wisuda dan Dies Natalis UI yang dilaksanakan pada Sabtu (2/2) di Balairung UI, kampus UI Depok.

Upacara wisuda diikuti oleh 3.950 Mahasiswa UI semester Gasal Tahun Akademik 2018/2019 yang berasal dari berbagai jenjang pendidikan di UI.

Diantara para lulusan tersebut, diumumkan pula para lulusan dengan predikat cumlaude antara lain sebanyak 118 wisudawan dari Program Profesi, 247 wisudawan dari program Magister dan 16 wisudawan dari program Doktor.

Sedangkan pada jenjang program Spesialis, terdapat 55 wisudawan berpredikat cumlaude dengan peraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi adalah Hilna Khairunnisa Shalihat dari Program Studi Spesialis Ilmu Gizi FKUI yang berhasil meraih IPK 3,96.

Pada jenjang Doktoral, UI meluluskan 127 Doktor dari 11 Fakultas dan 1 Sekolah Ilmu Lingkungan UI dimana Fakultas Kedokteran merupakan fakultas penghasil Doktor terbanyak yaitu sebanyak 29 wisudawan.

Dalam pidato Upacara Wisuda Pascasarjana, Rektor UI mengatakan bahwa sudah sejak 69 tahun yang lalu UI menyandang nama Indonesia, untuk itu UI senantiasa berkiprah membangun pendidikan tinggi di Indonesia.

“UI terus melanjutkan warisan sejarah akademiknya dalam bentuk inovasi dalam penemuan, penelitian, pengabdian masyarakat, dan pengajaran berstandar internasional hingga diakui saat ini sebagai universitas peringkat ke-57 di Asia dan terbaik di Indonesia berdasarkan pemeringkatan QS World Ranking University,” ucap Prof. Anis. “Bahkan, UI berhasil meraih posisi ke-82 perguruan tinggi terbaik negara berkembang di dunia menurut Times Higher Education,” lanjutnya.

Upacara wisuda kali ini bersamaan dengan peringatan Dies Natalis ke-69 UI yang diisi Orasi Ilmiah oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas RI, Prof. Bambang Brodjonegoro, SE, MUP, Ph.D, yang berjudul “Pembangunan Berkelanjutan untuk Kesejahteraan Rakyat Indonesia.”

Selamat kepada para wisudawan Universitas Indonesia khususnya yang berasal dari Fakultas Kedokteran. Semoga semua lulusan FKUI mampu menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan berlandaskan pada Pancasila dan UUD 1945, serta berkarya menghasilkan inovasi-inovasi yang mampu menjawab permasalahan serta tantangan bangsa dan global, karena UI hadir berkarya untuk bangsa dan dunia.

(Humas FKUI)