Mahasiswa FKUI Juara 1 Pilmapres LLDIKTI Wilayah III DKI Jakarta

Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Shakira Amirah, berhasil menyabet gelar Mahasiswa Terbaik Pertama Tingkat Sarjana dalam ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Tingkat Wilayah di Lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III DKI Jakarta Tahun 2023. Malam penganugerahan berlangsung pada Selasa, 9 Mei 2023 di Aula Lantai 3, Universitas Prasetya Mulia, Kampus Cilandak, Jakarta.

Selain Shakira yang menjadi juara di tingkat Sarjana, pada ajang tersebut Putri Anindya Ravinta dari Program Pendidikan Vokasi UI juga meraih gelar Mahasiswa Terbaik Pertama untuk tingkat Vokasi.

Kepala LLDIKTI Wilayah III, Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, M.P., menyampaikan bahwa nantinya pemenang akan mewakili LLDIKTI Wilayah III dalam seleksi Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional.

Shakira terpilih menjadi mahasiswa terbaik setelah melalui proses seleksi yang ketat. Komponen penilaian Pilmapres mencakup portofolio capaian unggulan, naskah gagasan kreatif untuk Program Sarjana, serta kemampuan berbahasa Inggris. Shakira berhasil mengalahkan 11 finalis lainnya, yaitu dari Universitas Negeri Jakarta, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Universitas Yarsi, Universitas Bina Nusantara, Universitas Multimedia Nusantara, Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis, Universitas Pertamina, Universitas Prasetya Mulya, Institut Teknologi Perusahaan Listrik Negara, dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trisakti.

Kemenangan Shakira diakui oleh para juri dengan perolehan nilai tertinggi. Adapun Dewan Juri yang terlibat dalam ajang tersebut, antara lain Prof. Teddy Mantoro dari Universitas Sampoerna; Dr. Tipri Rose Kartika, S.E., M.M. dari Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta; Dr. Wahyu Hari Haji dari Universitas Bina Nusantara; Prof. Dr. Suswandari, M.Pd dari Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka; Dora Angelina Aruan, S.Pd., M.Hum. dari Universitas Katolik Atma Jaya; dan Dr.rer.pol. Ied Veda R Sitepu dari Universitas Kristen Indonesia.

Menurut Prof. Teddy selaku perwakilan dari Dewan Juri, di lingkaran terbesar dalam kompetensi tersebut, terdapat etika untuk menghormati orang lain dan diri sendiri, juga knowledge dan skills. “Ini yang perlu dibenahi. Dengan adanya knowledge yang cukup, ketika ada problem yang kuat, kita dapat menghasilkan sebuah solusi yang implementatif. Selain itu, untuk menjadi mahasiswa berprestasi, ada tiga poin penting yang harus diperhatikan, yakni pondasi, konsolidasi, dan impresi,” ujar Prof. Teddy.

(Humas FKUI)