FKUI Tanda Tangan Kerja Sama dengan Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta

Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) kembali memperluas kerja sama dalam upaya peningkatan kualitas kesehatan masyarakat, salah satunya adalah dalam hal kesehatan jiwa. Perluasan kerja sama kali ini berada di bawah naungan Academic Health System Universitas Indonesia (AHS UI) dengan Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta yang meliputi bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Seremoni penandatangan kerja sama dilaksanakan pada Kamis (10/10/2019) di Panti Sosial Bina Laras (PSBL) Harapan Sentosa 1, Cengkareng, Jakarta Barat. Penandatanganan kerja sama dilakukan oleh Dekan FKUI, Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB dengan Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, Drs. Irmansyah, M.Sc dan disaksikan oleh Kepala PSBL Harapan Sentosa 1, Maria Margareta. Perjanjian kerja sama akan berlaku selama 3 tahun dan berakhir Oktober 2022.

Sebagai bentuk kerja sama, FKUI akan mengirimkan mahasiswa Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) bidang Ilmu Kesehatan Jiwa ke PSBL Harapan Sentosa 1. Keberadaan dokter spesialis kesehatan jiwa banyak dibutuhkan untuk memberikan pelayanan kesehatan jiwa kepada para warga binaan.

Tak hanya memberikan pelayanan kesehatan, PPDS FKUI juga akan melakukan kegiatan psikoedukasi, penyuluhan atau konseling komunitas; melakukan transfer pengetahuan kesehatan jiwa dalam aspek preventif, hingga rehabilitatif kepada tenaga pemberi layanan kesehatan jiwa; serta melaksanakan dan memberikan hasil pengembangan program dan penelitian di bidang kesehatan jiwa tentang ODMK dan/atau ODGJ.

PSBL Harapan Sentosa 1 merupakan sebuah unit pelaksana teknis yang berada di bawah Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta yang menyelenggarakan pelayanan kesejahteraan bagi warga binaan sosial Orang dengan Masalah Kejiwaan (ODMK) dan/atau Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

Di dalam PSBL Harapan Sentosa 1 terdapat sebuah klinik kesehatan jiwa yaitu Klinik Tiendra yang tercatat sebagai satu-satunya klinik yang beroperasi dalam panti sosial.

AHS UI merupakan integrasi antara Universitas Indonesia yang utamanya terdiri atas fakultas-fakultas yang tergabung dalam Rumpun Ilmu Kesehatan, Rumah Sakit Pendidikan, pemerintah daerah Provinsi DKI Jakarta dalam tata kelola; peningkatan kapasitas sumber daya manusia, dana, pendidikan, penelitian dan pelayanan kesehatan dalam upaya mengimplementasikan budaya akademik dan sistem pelayanan yang berjenjang dan berkesinambungan.

Sebagai fakultas kedokteran tertua di Indonesia, FKUI berkomitmen untuk turut serta dalam pembangunan kesehatan di Indonesia. Oleh sebab itu, FKUI wajib mengembangkan program Tri Dharma Perguruan Tingginya melalui peningkatan kerja sama dengan berbagai pihak. Melalui kerja sama dengan Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan kesehatan dan meningkatkan derajat kesehatan ODMK dan/atau ODGJ.

(Humas FKUI)