Doctorpreneurx, Ciptakan Dokter Mapan dengan Cerdas Berinvestasi dan Berbisnis

Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) melalui Unit Kerja Khusus Pusat Pengembangan Kedokteran Indonesia (UKK Pusbangki) FKUI menyelenggarakan “Workshop Doctorpreneurx: Menjadi Dokter Mapan dengan Cerdas Berinvestasi dan Berbisnis Batch 1” pada Sabtu-Minggu (30-31/3/2019) lalu di Hotel Grand Mercure Kemayoran, Jakarta Pusat.

Kegiatan tersebut diselenggarakan dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai literasi keuangan, memberikan dorongan atau motivasi untuk mengelola keuangan dengan lebih optimal, dan memberikan pengetahuan untuk mencapai kekayaan yang berkelanjutan melalui investasi dan bisnis kepada para dokter.

Workshop Doctorpreneurx merupakan pelatihan khusus pertama di Indonesia, dari FKUI untuk para dokter agar cerdas berinvestasi dan piawai berbisnis.

Profesi dokter merupakan profesi yang mulia. Pendapatan seorang dokter dapat terbilang tinggi untuk dapat memenuhi kebutuhan dasar hidup. Namun banyak yang tidak menyadari, disela kegiatannya, seorang dokter memiliki potensi untuk menambah penghasilan dan meningkatkan taraf hidup melalui investasi dan bisnis.

Kebutuhan akan investasi menjadi lebih tinggi bagi para dokter yang hanya bergantung pada pendapatan bulanan. Terdapat beberapa alasan mengapa seorang dokter perlu memahami serta melakukan investasi dan bisnis, yaitu seperti meningkatkan kekuatan finansial, keamanan finansial agar sejahtera di usia senja, menyejahterakan keluarga, serta membuka lapangan kerja.

Dekan FKUI, Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, dalam sambutannya mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan Doctorpreneurx. “Alhamdulillah peserta hanya dibatasi 30 orang dan full booked. Bahkan untuk batch 2 di bulan Juli 2019, sudah mulai banyak yang mendaftar. Tujuan penyelenggaraan workshop ini sangat sederhana yaitu agar dokter punya passive income dan bisa mengelola uangnya dengan baik di era digital,” ujar Prof. Ari.

Hadir sebagai pembicara, tiga orang pakar investasi dan bisnis yaitu dr. Irzan Nurman, MSc, EPC; Denny Santoso; dan Andika Sutoro Putra. Kompetensi ketiga pembicara sudah tentu tak diragukan lagi.

Dr. Irzan Nurman, MSc, EPC merupakan seorang dokterpreneur Indonesia. Beliau sudah 22 tahun mengelola 9 perusahaan di berbagai sektor, mulai dari kesehatan, teknologi, pendidikan, manufaktur, transportasi, travel, hingga ekspor impor. Ia juga tercatat sebagai dokter pertama di Indonesia yang memperoleh Accredited Coach Credential dari International Coach Federation. Saat ini dr. Irzan merupakan senior trainer bagi Sekolah Pengusaha Muda ITB, pembina untuk program inkubator di Direktorat Inovasi dan Inkubator Bisnis (DIIB) UI, senior coach di Nasional Bootcamp dan sebagai Vice Director UKK Pusbangki FKUI, sebuah unit kerja khusus di FKUI.

Narasumber berikutnya yaitu Denny Santoso, Digital Marketing PT. Guru Indonesia. Denny Santoso juga merupakan salah satu trainer digital marketing terkemuka di Indonesia. Ia merupakan warga negara Indonesia pertama yang memperoleh 2 CommaClub Award di USA, sebuah ajang penghargaan bergengsi internasional bagi individu yang sukses membangun funnel digital dan menghasilkan lebih dari 1 juta USD dari bisnis tersebut.

Terakhir, yaitu Andika Sutoro Putra, seorang milenial yang sukses berinvestasi saham secara profesional sejak usia 15 tahun. Ia telah menghasilkan lebih dari 3 juta USD melalui investasi saham tersebut dan mengembangkan bisnis di bidang kuliner dan properti bersama Bong Chandra. Saat ini, Ia merupakan CEO Food & Beverage, Global Pacific International, dan pendiri Richvolution Community.

(Humas FKUI)