FKUI Selenggarakan Kursus Penyegar dan Penambah Ilmu Kedokteran 2017

Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) kembali menyelenggarakan kegiatan tahunan, Kursus Penyegar dan Penambah Ilmu Kedokteran (KPPIK) 2017 pada Jumat-Sabtu (12-13/5) lalu di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta. Rangkaian kegiatan KPPIK 2017 terdiri dari symposium, plenary lecture, poster exhibition, dan workshop.

Pembukaan KPPIK 2017 dilaksanakan pada Jumat (12/5) oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Prof. Dr. dr. Nila F. Moeloek, SpM(K) melalui prosesi pemukulan gong dan welcome speech. Turut hadir pada acara pembukaan, Staf Khusus Kementerian Kesehatan RI, Prof. Dr. dr. Akmal taher, SpU(K), PhD; Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, drg. Usman Sumantri, MSc; Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, dr. R. Koesmedi Priharto, SpOT, M.Kes; Dekan FKUI, Dr. dr. Ratna Sitompul, SpM(K); dan Ketua Panitia KPPIK 2017, Prof. Dr. dr. Jose R.L. Batubara, SpA(K), PhD. Dalam pidatonya, Menkes berpesan kepada para dokter untuk selalu menegakkan integritas, mengamalkan sumpah dokter, mematuhi standar etik profesi dokter, serta secara berkala meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kedokteran dengan standar internasional.

Tahun ini, KPPIK mengangkat tema yang mengedepankan aspek holistis dalam pelayanan kesehatan, yaitu “Current Updates for General Practitioners”. Sesuai dengan tema tersebut, KPPIK memiliki harapan dapat memberikan ilmu pengetahuan terkini dan melatih keterampilan dokter umum sehingga dapat membantu mereka mencapai kompetensi dan meningkatkan pelayanan di layanan primer. Belajar sepanjang hayat sudah menjadi tugas dan kewajiban bagi setiap dokter. Ilmu kedokteran merupakan ilmu yang akan selalu berkembang. Menjadi sangat penting bagi seorang dokter untuk terus memperbarui ilmu yang didapat.

Menyadari pentingnya hal tersebut KPPIK 2017 hadir untuk mendukung dan memfasilitasi mahasiswa kedokteran, dokter umum, dan dokter spesialis dalam menjalankan kewajiban untuk belajar sepanjang hayat. Melalui program ini para sejawat diharapkan mampu memperbarui pengetahuan yang dimiliki dan juga mampu meningkatkan keterampilan dengan panduan terbaru dalam tatalaksana pasien

Berbagai topik kedokteran terkini yang disajikan dalam KPPIK FKUI 2017, meliputi diabetes mellitus, kedokteran olahraga, kesehatan reproduksi, hipertensi, penyakit kardiovaskular, penyakit alergi, hepatitis, gizi dan nutrisi, manajemen kesehatan pada anak, vaksinologi, dermatologi, kegawatdaruratan, dan topik-topik lain yang dipaparkan dengan rinci oleh para pakar kedokteran sesuai bidangnya masing-masing.

Penyelenggaraan KPPIK 2017 merupakan salah satu bentuk kontribusi FKUI dalam pengembangan dan pembaruan ilmu kedokteran bagi para tenaga medis. Kontribusi ini diharapkan dapat bermanfaat banyak bagi kesejahteraan seluruh masyarakat di Indonesia. Keseluruhan rangkaian ini diharapkan tidak hanya dapat meningkatkan pengetahuan para tenaga medis tapi juga meningkatkan kemampuan mereka dalam menangani kasus kesehatan primer sehari-hari. (Humas FKUI)