FKUI Selenggarakan Kuliah Umum Pakar Vaksin Tuberkulosis dari Jepang

Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) melalui Klaster Infectious Diseases and Immunology Recearch Center (IDIRC) IMERI FKUI menyelenggarakan kuliah tamu pada Senin, 25 Maret 2019 bertempat di Ruang Teaching Theater, lantai 6, Gedung IMERI FKUI, Salemba, Jakarta.

Hadir sebagai pembicara pada kuliah tamu tersebut, pakar vaksin tuberkulosis (TB) sekaligus Direktur dari Tsukuba Primate Research Center, National Institutes of Biomedical Innovation, Health, and Nutrition (NIBIOHN), Jepang, Prof. Yasuhiro Yasutomi, DVM, PhD.

Kuliah tamu dimulai pada pukul 13.30 WIB dengan moderator Dr. Suwarti, STP, M.Si, Post Doctoral Research Fellow Eijkman-Oxford Clinical Research Unit (EOCRU). Pada kuliah tamu tersebut, Prof. Yasuhiro menyampaikan materi berjudul “Two-Types of Novel TB Vaccine.”

Melalui materinya, Prof. Yasuhiro yang juga merupakan associate professor di Mie University Graduate School of Medicine ini memaparkan bahwa terdapat dua jenis vaksin TB yang saat ini sedang dikembangkan oleh Tsukuba Primate Research Center, NIBIOHN, yaitu Vaksin BCG rekombinan serta Vaksin antigen TB bervektor virus parainfluenza.

Vaksin BCG rekombinan dirancang secara khusus bagi orang imunokompromais (orang dengan sistem imun yang rendah), namun tetap efektif melawan TB. Sementara Vaksin antigen TB bervektor virus parainfluenza dirancang untuk vaksin yang diinduksi mukosa dengan virus kuat sebagai adjuvantnya.

Rangkaian kuliah tamu kemudian ditutup dengan diskusi dan foto bersama. Sebagai salah satu fakultas kedokteran terbaik di Indonesia, FKUI tentunya turut mengambil peran serta tanggung jawab dalam berbagai upaya meningkatkan pengembangan pengetahuan dalam bidang kesehatan.

Pengembangan pengetahuan dan ilmu baru ini menjadi penting untuk dibagikan baik bagi pendidik, peneliti mau pun mahasiswa FKUI. Melalui kuliah tamu ini diharapkan dapat menjadi sarana pertukaran ilmu pengetahuan bagi sivitas akademika FKUI.

(Humas FKUI)