FKUI Gelar Kuliah Tamu Irawan Satriotomo

Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia melalui Program Doktor Ilmu Biomedik FKUI yang bekerjasama dengan Klaster Neuroscience and Brain Development Center FKUI menyelenggarakan Kuliah Tamu dengan tema “Gangguan Tidur” pada Jumat (26/5) lalu, bertempat di Auditorium Lt. 3 Gedung IMERI-FKUI. Kuliah tamu kali ini mengundang seorang pakar dari Center for Translational Research in Neurodegenerative Disease (CTRND) University of Florida, Amerika Serikat, Irawan Satriotomo, MD, PhD.

Tepat pukul 08.00 WIB kuliah tamu dibuka dengan sambutan dari Ketua Program Studi S3 Ilmu Biomedik FKUI, Prof. dr. Franciscus D. Suyatna, SpFK, PhD. Selanjutnya, Wakil Ketua Klaster Neuroscience and Brain Development Center FKUI, dr. Hartono Tjahjadi, SpPA, bertindak sebagai moderator, memperkenalkan dan mempersilahkan pembicara untuk menyampaikan materinya.

Kegiatan kuliah dimulai dengan pemaparan dari pembicara pertama yaitu dr. AAAA. Agung Kusumawardhani, SpKJ(K), dengan materinya berjudul “Gangguan Tidur dan Solusinya”. Dilanjutkan dengan pemaparan dari pembicara kedua yaitu dari dr. Rimawati Tedjasukmana, SpS, dengan pemaparan materi berjudul “Obstructive Sleep Apnea dan Solusinya”. Berikutnya yaitu pemaparan dari Dr. dr. Martina Wiwie Nasrun, SpKJ(K), mengenai “Gangguan Tidur pada Orang Demensia”. Dan sebagai pemberi materi kuliah terakhir yaitu Irawan Satriotomo, MD, PhD, dengan judul materi kuliah “Aspek Neurobiologis pada Gangguan Tidur”.

Rangkaian kuliah tamu ditutup dengan pemberian cinderamata dan foto bersama. Sebagai salah satu fakultas kedokteran terbaik di Indonesia, FKUI tentunya turut mengambil peran serta tanggung jawab dalam berbagai upaya meningkatkan pengembangan pengetahuan dalam bidang kesehatan. Pengembangan pengetahuan dan ilmu baru ini menjadi penting untuk dibagikan baik bagi pendidik, peneliti mau pun mahasiswa FKUI. Melalui kuliah tamu yang diselenggarakan diharapkan dapat menjadi sarana pertukaran ilmu pengetahuan, terutama pemahaman mengenai berbagai macam gangguan tidur beserta solusinya. (Humas FKUI)