10 Tahun Jalin Kerja Sama, FKUI & OUCRU Lahirkan Puluhan Jurnal Internasional  

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, Sp.PD-KGEH, MMB menerima kunjungan dari Oxford University Clinical Research Unit (OUCRU) pada Senin, 6 Maret 2023. Para peneliti dari FKUI, yang meliputi staf dari berbagai departemen, turut hadir dalam pertemuan ini. Pertemuan tersebut sekaligus memperingati 10 tahun kerja sama antara OUCRU dengan FKUI.

OUCRU merupakan bagian dari Program Afrika-Asia Vietnam diatur oleh Pusat Pengobatan Tropis dan Kesehatan Global di Departemen Kedokteran Nuffield, Universitas Oxford yang telah berdiri sejak tahun 2008. “Kita adalah organisasi akademis nirlaba yang bermitra dengan Indonesia untuk melakukan penelitian biomedis,” tutur Prof. Kevin Baird dalam sambutannya sebagai Direktur OUCRU Indonesia.

Kerja sama OUCRU dan FKUI dimulai sejak tahun 2012. Sebanyak 15-30 jurnal penelitian per tahunnya telah dipublikasikan secara internasional melalui kerja sama ini. Penelitian yang dilakukan oleh OUCRU dan FKUI sebelumnya berfokus dalam topik infeksi, khususnya malaria. Namun, sejak tahun 2017, topik penelitian diperluas mencakup topik infeksi pada sistem saraf pusat, tuberkulosis, HIV, dan topik infeksi lainnya. Untuk mendukung penelitian tersebut, FKUI bersama OUCRU membentuk Universities of Indonesia and Oxford Clinical Research Laboratory (IORCL) yang berlokasi di lingkungan Departemen Parasitologi FKUI, Salemba, Jakarta.

Prof. Guy Thwaites, Direktur OUCRU mengatakan, “Kerja sama ini dapat memberikan manfaat yang saling menguntungkan, baik untuk OUCRU dan FKUI maupun untuk masyarakat Indonesia. Pertemuan ini adalah bagian dari perjalanan panjang dengan tujuan yang tidak hanya untuk menghasilkan banyak publikasi penelitian, namun menghasilkan penelitian dengan kualitas tinggi”.

Berbagai penelitian bersama OUCRU saat ini telah melibatkan para peneliti dari staf departemen FKUI, seperti Departemen Mikrobiologi Klinik, Parasitologi, Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi, Neurologi, Ilmu Kesehatan Anak, Ilmu Penyakit Dalam, Ilmu Kedokteran Komunitas, dan Gizi Klinik. Sebagai mitra kerja utama, FKUI mendukung penuh penelitian yang berlangsung dan selalu berupaya menyediakan fasilitas yang diperlukan.

Dalam 10 tahun terakhir, OUCRU Indonesia telah mempublikasikan sebanyak 285 jurnal penelitian internasional dengan 45 jurnal diantaranya melibatkan satu atau lebih peneliti dari FKUI. Pihak OUCRU berharap di tahun 2023 ini, penelitian yang dihasilkan akan lebih banyak dengan FKUI sebagai afiliasi utama. Karya ilmiah yang dihasilkan pun diharapkan tidak hanya meningkat dari segi kuantitas, tetapi juga kualitas.

“Kerja sama OUCRU dan FKUI harus terus dilanjutkan dalam menghasilkan berbagai penelitian yang inovatif guna mengatasi masalah kesehatan yang semakin menantang. Melalui kemitraan ini, saya yakin kita sama-sama memiliki potensi untuk menghasilkan penemuan lain, bertukar lebih banyak pengetahuan dan keterampilan, meningkatkan penelitian interdisiplin, dan mengaplikasikan hasil penelitian dalam praktik kedokteran, memberikan pelayanan optimal, yang pada akhirnya dapat meningkatkan keberhasilan kesembuhan pasien,” ujar Dekan FKUI Prof. Ari Fahrial Syam.

(Humas FKUI)