Program Magister Pendidikan Kedokteran

Program Magister Pendidikan Kedokteran

Seorang medical teacher yang inovatif, dengan kemampuan memimpin yang baik dan kompetensi dalam bidang riset yang mumpuni adalah profil lulusan yang dihasilkan Program Studi Magister Pendidikan Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Melalui berbagai pengalaman belajar seperti kuliah, diskusi, seminar dan praktik lapangan, peserta didik akan difasilitasi untuk dapat mencapai berbagai kompetensi terkait pengelolaan pendidikan kedokteran yang berlandaskan pada teori terbaru dan relevan, khususnya terkait pengembangan dan implementasi kurikulum (curriculum design and implementation). Selain itu peserta didik akan mengembangkan kemampuan mawas dirinya untuk senantiasa menjunjung tinggi etika, moral dan profesionalisme sebagai seorang pendidik dalam dunia kedokteran.

Tidak hanya sebagai seorang praktisi pendidikan kedokteran yang handal, program studi juga berkomitmen untuk menghasilkan seorang pengkaji ilmu pendidikan kedokteran, melalui kemampuan penelitian yang berujung pada pengembangan pendidikan kedokteran sebagai salah satu cabang ilmu kedokteran. Tujuan akhir yang diharapkan tentunya adalah peningkatan kualitas program pendidikan dokter di Indonesia melalui kontribusi nyata Magister Pendidikan Kedokteran FKUI serta semakin signifikannya peran Indonesia dalam pengembangan pendidikan dokter dan ilmu pendidikan kedokteran di kancah internasional. Program pendidikan didesain dengan beban studi 44 SKS dalam 4 semester, yang diakhiri dengan penelitian akhir dan penyusunan tesis. Selain mata ajar wajib sebanyak 42 SKS, peserta didik memperoleh kesempatan untuk mendalami topik pilihannya melalui modul elektif (2 SKS).

Sebagai salah satu dari hanya dua program studi Magister Pendidikan Kedokteran di Indonesia, Program Studi Magister Pendidikan Kedokteran FKUI berkomitmen untuk memberikan pengalaman tidak terbatas (infinite experience) untuk seluruh peserta didik. Komitmen ini, yang merupakan keunggulan program studi, diwujudkan melalui berbagai bentuk, antara lain kesempatan untuk menghubungkan segala sesuatu yang dipelajari dengan konteks riil pendidikan dokter di institusi asal setiap peserta didik; kesempatan untuk melakukan observasi dan telaah kritis terhadap praktik riil pendidikan dokter di FKUI; pembimbingan dalam penyusunan sebuah Buku Rancangan Pengajaran (BRP) yang adalah sebuah kurikulum di tingkat kelas (classroom-level curriculum); serta penelitian pendidikan kedokteran yang sejalan dengan kebutuhan institusi serta pengembangan keilmuan masa kini.


Informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

Sekretariat Program Magister Pendidikan Kedokteran FKUI
Jl. Salemba Raya No. 6, Jakarta Pusat 10430
Telp/Fax: (021) 3901814
email: mededu_department@yahoo.com

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not span in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty