Tanda-tanda Kanker Usus, Penyebab Eks KSAD George Toisutta Meninggal

#LiputanMedia

Jakarta – Kabar duka datang dari keluarga besar TNI. Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) yakni Jenderal TNI (Purn) George Toisutta meninggal dunia pagi ini. George sebelumnya dirawat di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat karena penyakit kanker usus.

“Innalillahi wa inna ilaihi rojiuun. Duka yang sangat mendalam mnyertai kepergian almarhum Jenderal TNI (Purn) George Toisutta mnghadap Sang Khalik,” tulis akun twitter mantan panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo di @Nurmantyo_Gatot, Rabu (12/6/2019) dikutip dari detikcom.

Menurut dokter ahli pencernaan Prof Ari Fahrial Syam, kanker usus awalnya muncul tanpa gejala. Karena itu, masyarakat sebaiknya melakukan deteksi dini terutama bagi yang berisiko. Yaitu yang berumur lebih dari 50 tahun, perokok, dan punya gaya hidup buruk.

“Gejala yang timbul kalau kanker usus sudah terjadi antara lain buang air besar berdarah, pola buang air besar (BAB) yang berubah baik mudah diare atau sembelit secara bergantian, sakit perut berulang, berat badan turun, pucat tanpa sebab yang jelas,” kata Prof Ari dalam keterangannya kepada detikHealth.

Gejala lain adalah teraba adanya benjolan di perut yang merupakan gejala kanker usus besar. Bila gejala ini sudah ditemui, dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan kolonoskopi dan dilanjutkan dengan biopsi. Dua cara ini merupakan metode utama untuk menemukan kanker usus ini. Selanjutnya bisa ditentukan jenis pengobatan yang tepat.

Sumber berita: https://health.detik.com/…/tanda-tanda-kanker-usus-penyebab…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *