Dunia Bebas Covid-19, Semua Orang Harus Divaksinasi Termasuk Anak

#Liputanmedia

Jakarta, Beritasatu.com – Ketua Indonesia Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) Sri Rezeki Hadinegoro menuturkan, agar dunia bebas Covid-19, maka setiap orang harus mendapat vaksinasi termasuk anak.

“Para pakar mengatakan kalau dunia mau bebas Covid-19 setiap orang harus divaksinasi termasuk anak,” ucapnya pada acara media briefing; “IDAI Menjawab Kegalauan Masyarakat tentang Vaksin Covid-19 pada Anak “, secara daring, Sabtu (22/1/2021).

Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) ini menyebutkan, anak terinfeksi Covid-19 pada umumnya gejala ringan, tetapi ada anak memiliki komorbid seperti obesitas, diabetes, penyakit jantung bawaan, asma dan lainnya membuat anak berisiko tinggi sehingga bergejala berat yang memerlukan perawatan bahkan fatal.

Selain itu, anak juga berisiko menularkan Covid-19 pada anggota keluarga lain seperti orangtua, kakek dan nenek serta teman bermainnya. Untuk itu, lanjut Sri, apabila anak diberikan suntikan vaksinasi Covid-19, maka Indonesia akan mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok dengan lebih cepat.

“Vaksinasi anak ini membantu kita mencapai herd immunity lebih cepat dan bisa membantu kita kembali ke kehidupan normal, misalnya sekolah bisa dibuka dan sebagainnya,” katanya.

 

Sumber berita: https://www.beritasatu.com/…/dunia-bebas-covid19-semua…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *