Cara Mudah Turunkan Berat Badan: Minum Air Putih Sebelum Makan

#LiputanMedia

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda yang tengah berniat menurunkan atau mengontrol berat badan coba terapkan kebiasaan minum air putih sebelum makan. Cara ini bisa membantu Anda agar berat badan tidak melonjak.

“Minum air putih sudah dapat menurunkan berat badan, asalkan mengisinya (minum air putih) saat perut kosong lalu baru makan,” kata dokter spesialis gizi klinik Nurul Ratna Manikam.

Dengan mengisi lambung dengan air putih membuat Anda saat makan jadi tidak terlalu kalap. Sehingga, kalori yang masuk pun tidak berlebihan.

“Air putih itu kan akan mengisi lambung sehingga akan memberikan respons cepat kenyang dibandingkan makan dengan perut kosong,” katanya dalam acara bersama Danone Aqua di Jakarta Pusat beberapa waktu lalu.

Namun, jika menginginkan penurunan berat badan lebih lanjut, tidak bisa hanya dengan minum air putih sebelum makan. Perlu pengaturan nutrisi serta olahraga fisik untuk mencapai berat badan yang diinginkan.

“Kalau mau menurunkan berat badan energi yang masuk harus lebih sedikit dari energi yang dikeluarkan. Sehingga ada gap. Nah, gap itu yang membantu menurunkan berat badan. Diharapkan ada penurunan lemak,” kata wanita yang juga Ketua Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini.

Minum Air Putih Tidak Bikin Gemuk

Nurul juga menegaskan bahwa air putih adalah nol kalori. Jadi, tidak benar juga bila minum air putih bisa membuat berat badan naik.

Bisa jadi seseorang mengatakan berat badannya turun itu karena berkurangnya cairan tubuh. Namun, bila menginginkan penurunan berat badan yang stabil, yang diturunkan bukan cairan tapi lemak tubuh.

“Jadi tidak benar bila penurunan berat badan dengan banyak kencing, dehidrasi nanti. Kalau banyak kencing mungkin turun setengah kilo, tapi itu air yang keluar. Nanti, juga kalau minum lagi berat badannya naik lagi,” katanya.

 

Sumber berita: https://www.liputan6.com/…/cara-mudah-turunkan-berat-badan-…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *