Ahli Gizi dan Guru Besar FKUI Saptawati Bardosono Wafat

#Liputanmedia

Jakarta, CNN Indonesia — Ahli gizi dan guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Saptawati Bardosono meninggal dunia pada Jumat (15/10). Kabar ini disampaikan oleh akun Instagram FKUI.

“Telah wafat Guru Besar kami tercinta, Prof. Dr. dr. Saptawati Bardosono, M.Sc, pada Jumat, 15 Oktober 2021,” tulis akun @medicine_ui.

Perempuan yang akrab disapa Prof Tati ini adalah guru besar di Departemen Ilmu Gizi FKUI.

Tati menyelesaikan pendidikan dokter di FKUI pada 1980. Dia melanjutkan jenjang magister dan lulus pada 1992 serta mendapatkan predikat doktor pada 2003. Dia aktif menjadi pengajar di FKUI sejak 2002.

Sebagai akademisi dan peneliti, Tati fokus pada ilmu gizi medik. Dikutip dari laman FKUI, Tati banyak terlibat dalam penelitian terkait gizi pada anak, bayi serta ibu hamil dan menyusui.

Tati juga banyak menerima penghargaan, di antaranya Piagam Penghargaan Bakti Karya Husada Dwi Hindu (2002), Tanda Kehormatan Satyalencana Karya 20 Tahun (2002), dan Best Asia Poster. Nutrition and Cognition Symposium (2010).

Sepanjang kariernya, Tati gencar menyuarakan asupan gizi yang seimbang dan bernutrisi tinggi untuk masyarakat. Tati juga sering menjadi narasumber CNNIndonesia.com dalam pembahasan mengenai gizi.

“Satu sendok makan gula pasir atau 15 gram adalah 60 kalori, sehingga total sehari sekitar 3-4 sendok makan gula pasir,” kata Tati saat menjelaskan asupan gula maksimum sehari dalam salah satu wawancara dengan CNNIndonesia.com, pada April lalu.

Sumber berita: https://www.cnnindonesia.com/…/ahli-gizi-dan-guru-besar…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *