Wakil Presiden RI Jusuf Kalla Resmikan IMERI-FKUI

Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla, meresmikan Gedung Indonesian Medical Education and Research Institute Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (IMERI-FKUI) pada Rabu (12/4) di Aula IMERI-FKUI, Salemba. Turut menyaksikan prosesi peresmian tersebut, Presiden Islamic Development Bank, Dr. Bandar M.H. Hajjar; Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI, Prof. H. Mohamad Nasir, PhD, Ak; Rektor Universitas Indonesia, Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M. Met; dan Dekan FKUI, Dr. dr. Ratna Sitompul, SpM(K).

Gedung IMERI-FKUI merupakan wahana unggul yang diperuntukkan bagi akademisi dan peneliti, baik dari sivitas akademika UI maupun instansi luar. Melalui IMERI-FKUI akan dikembangkan berbagai kolaborasi transdisiplin riset dan pendidikan kedokteran Indonesia yang diarahkan untuk menjawab tantangan bangsa di bidang kesehatan dan kedokteran.

Gedung IMERI-FKUI dibangun sejak Desember 2014 dengan bantuan dana dari Islamic Development Bank (IDB). Gedung IMERI-FKUI terdiri dari dua menara yaitu Menara A – Riset dan Menara B – Edukasi. Di dalam dua menara tersebut terdapat 12 klaster riset, 2 klaster pendidikan, 3 klaster penunjang riset serta 3 fasilitas pendukung pendidikan. Beberapa klaster unggulan IMERI-FKUI antara lain adalah klaster riset infeksi, klaster riset kanker, klaster riset kardiovaskular, klaster riset reproduksi, klaster riset human genetic, klaster riset stem cell, klaster riset drug development, klaster riset pendidikan kedokteran, dan klaster riset pengembangan pendidikan berbasis simulasi.

Pendirian IMERI-FKUI bertujuan untuk menjawab tantangan di bidang kesehatan dan kedokteran di masa mendatang melalui peningkatan jumlah dan kualitas riset bagi pembangunan kesehatan di Indonesia. “Pendirian IMERI-FKUI ini harus dapat meningkatkan kombinasi antara dunia riset dan kedokteran. Dokter diharapkan tidak hanya melakukan pelayanan terhadap pasien saja, melainkan semakin giat menjalankan penelitian untuk meningkatkan kualitas kesehatan bangsa. Pusat riset menjadi sangat penting. Saya harap, IMERI-FKUI tidak hanya bermanfaat untuk UI, tapi juga untuk seluruh masyarakat Indonesia,” ungkap Jusuf Kalla dalam sambutannya.

Lebih lanjut, Rektor UI, Muhammad Anis menuturkan, “UI berkomitmen untuk mengembangkan riset dan inovasi bangsa, salah satunya riset di bidang kesehatan. Konsep pembangunan IMERI-FKUI sangat sesuai dengan semangat UI serta sejalan dengan semangat Nawa Cita yaitu meningkatkan ketahanan dan kemandirian bangsa Indonesia di bidang kesehatan. IMERI-FKUI ini juga diharapkan mampu membawa UI menjadi universitas berbasis riset terbaik di Asia Tenggara.”

Selama ini, FKUI bersama para peneliti dari berbagai universitas telah membentuk konsorsium untuk mencari vaksin dengan susunan protein yang mampu melindungi masyarakat Indonesia dari demam berdarah, kanker mulut rahim, dan penyakit lainnya. Dekan FKUI, Ratna Sitompul memaparkan bahwa saat ini FKUI juga mengembangkan alat USG dan EKG yang dapat digunakan dengan mudah di layanan primer dan menggunakan teknologi yang terhubung dengan sejawat di pusat rujukan nasional agar pasien mendapatkan konsultasi pelayanan kesehatan  terbaik.  Selain itu, beberapa pengembangan riset yang masih dikerjakan yaitu pengembangan obat kontrasepsi bagi pria, pengembangan stem cell bagi pasien jantung, diabetes, kelainan tulang yang tidak dapat diobati dengan terapi konvensional, dan pemeriksaan genetik agar bayi dan anak dengan penyakit langka dapat di deteksi dini dan dibantu mencapai tumbuh kembang yang optimal.

Menariknya, IMERI-FKUI juga dilengkapi dengan fasilitas berteknologi tinggi untuk menunjang kegiatan pendidikan dan riset, di antaranya peralatan canggih untuk riset genetik dan biomolekular serta peralatan 3D (tiga dimensi) human body visualization table yang memungkinkan sivitas akademika belajar atau meneliti anatomi tubuh manusia melalui visualisasi 3D. Hingga saat ini, di Indonesia, human body visualization table baru dimiliki oleh FKUI.

Sepuluh tahun ke depan, IMERI-FKUI diproyeksikan dapat menjadi Medical Science Techno-Park Indonesia, yaitu pusat riset dan inovasi kesehatan dan kedokteran Indonesia yang lengkap hingga tahap industri. IMERI-FKUI diharapkan dapat menjadi pusat unggulan IPTEK terpadu dalam bidang kedokteran dan kesehatan di Indonesia yang mampu menghasilkan terobosan inovasi yang bermanfaat untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di Indonesia. IMERI-FKUI juga diharapakan mampu menjadi pusat kolaborasi antaruniversitas dalam bidang riset dan pendidikan kedokteran sehingga mampu meningkatkan peringkat UI di dunia. (Humas FKUI)