Torehan Prestasi Mahasiswa FKUI pada Ajang SIMPIC 2017

 

Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) berhasil meraih prestasi dengan memenangi tiga penghargaan pada ajang Siriraj International Medical Microbiology, Parasitology and Immunology Competition (SIMPIC) 2017 yang diadakan oleh Faculty of Medicine Siriraj Hospital, Mahidol University, Bangkok, Thailand pada tanggal 24-27 Februari 2017 yang lalu.

Pada kompetisi ini, FKUI mengirimkan dua delegasi tim. Tim UI-1 terdiri dari Paulus Anthony Halim (2013), Stevanus Samudra (2014), Stanislaus Ivanovich (2014) dan Sarah Humaira (2014). Sementara itu tim UI-2 beranggotakan Dedy Aria Aditya (2013), Salma Alsakina Qurotuain (2013), Ilham Hidayat RT (2014), dan Kevin Jonathan Adhimulya (2014). Mereka semua berkompetisi dengan lebih dari 50 tim peserta dari seluruh dunia.

Tahapan lomba di SIMPIC 2017 terdiri dari Round 1 (MCQ & OSPE), Revival Round (pertanyaan benar atau salah bagi tim yang sudah kalah dan ditandingkan kembali), Round 2 (pertanyaan dengan jawaban singkat), Semifinal (pertanyaan rebutan), dan Final (pertanyaan rebutan). Materi pertanyaan yang diajukan mencakup bidang mikrobiologi, parasitologi, dan imunologi klinik.

Di akhir kompetisi mahasiswa FKUI berhasil meraih peringkat ketiga atau 2nd runner up untuk tim UI-1 dan tiga medali (personal achievement) yaitu dua medali perak atas nama Dedy Aria Aditia dan Paulus Anthony Halim, serta satu medali perunggu atas nama Stevanus Samudra. Prestasi ini tentunya tak lepas dari para pembimbing yang mendampingi mereka yaitu Prof. dr. Amin Soebandrio, PhD, SpMK; Prof. dr. Agnes Kurniawan, PhD, SpParK; Dr. dr. Yeva Rosana, MS, SpMK(K); Dr. dr. Mardiastuti HW, MSc, SpMK; dr. Yenny Djuardy, PhD; dr. Yusuf Bahosoan, SpPK; dan Dra. Beti Ernawati Dewi, PhD.

Siriraj International Medical Microbiology, Parasitology and Immunology Competition (SIMPIC) merupakan kompetisi internasional tahunan yang diadakan oleh Faculty of Medicine Siriraj Hospital, Mahidol University di Bangkok, Thailand. Tahun ini merupakan keenam kalinya SIMPIC diadakan, dengan peserta yang berasal dari mahasiswa kedokteran di seluruh dunia. SIMPIC merupakan sebuah pertemuan internasional untuk mahasiswa kedokteran yang dapat bermanfaat sebagai ajang pertukaran pengetahuan yang terkait dengan penyakit infeksi, mikrobiologi, imunologi dan parasitologi, serta menjalin relasi, dan berbagi inspirasi.

Prestasi ini diharapkan dapat menjadi pemacu semangat bagi sivitas akademika FKUI untuk mencetak prestasi-prestasi lainnya. Segenap tim dan dosen pembimbing berharap semoga FKUI terus berjaya, baik di ajang nasional maupun internasional, dan tetap semangat untuk menciptakan karya-karya inovatif dan kreatif. Maju terus FKUI! (Humas FKUI)