`Topping Off` Pembangunan Gedung MERC-UI

Proyek pembangunan Gedung Medical Education and Research Center (MERC) UI telah mendekati tahap akhir. Sebagai penanda, pada hari Jumat (5/2) lalu di lantai 13 Gedung  MERC-UI telah dilaksanakan proses topping off Gedung MERC-UI, prosesi acara diawali dengan sambutan dari General Manager Dep. Bangunan Gedung PT. WIKA, Ir. Novel Arsyad yang dilanjutkan dengan sambutan dari Wakil Dekan FKUI Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan, Prof. dr. Pratiwi P. Sudarmono, Ph.D, SpMK(K). Acara kemudian dilanjutkan oleh sambutan dari Ketua PIU MERC-UI, dr. Badriul Hegar, SpA(K) dan terakhir sambutan dari Rektor Universitas Indonesia, Prof. Ir. Muhammad Anis, M. Met yang sekaligus secara simbolis meletakkan adukan semen sebagai tanda bahwa pembangunan Gedung MERC-UI telah memasukki tahap Topping off atau penutupan atap bangunan.

Memasuki tahap topping off, dapat dikatakan bahwa proses pembangunan Gedung MERC-UI telah 50% selesai, selanjutnya akan dilaksanakan penyelesaian tahap akhir meliputi mechanical, electrical, and plumbing (MEP) yang terkait dengan struktur keamanan dan kenyamanan gedung. Terakhir, akan ditutup dengan tata arsitektur dan pembuatan taman sesuai dengan konsep yang telah direncanakan.

Setelah prosesi acara topping off selesai, para undangan diajak untuk menelusuri sky lobby yang menghubungkan FKUI dengan Gedung MERC-UI. MERC-UI dibangun dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan kedokteran dan penelitian di Indonesia. Untuk mewujudkan upaya tersebut, diperlukan sebuah pusat pendidikan dan penelitian dengan fasilitas yang aman dan berkualitas. Gedung MERC-UI yang dirancang tahan gempa hingga 9 SR ini direncanakan akan selesai dibangun pada Juni 2016.

Sebagai gedung pusat pendidikan dan penelitan kedokteran yang pertama di Indonesia, MERC-UI diharapkan dapat memberikan kontribusi yang besar dalam memajukan pendidikan kedokteran dan penelitian yang nantinya dapat diaplikasikan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Indonesia. Tidak hanya itu, MERC-UI juga diharapkan dapat menjadi tonggak terdepan untuk menghantarkan tercapainya visi UI menjadi universitas riset kelas dunia melalui berbagai penelitian yang dihasilkan. (Humas FKUI)