Tim Mahasiswa FKUI Raih Tujuh Prestasi pada Ajang Tarumanagara Medical Competition 2018

Tim mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) tampil gemilang pada kompetisi ilmiah bertajuk Tarumanagara Medical Competition (TMC) 2018 yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara pada tanggal 25-27 Mei 2018 di Kampus Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara, Jakarta.

TMC  merupakan suatu kompetisi ilmiah antar mahasiswa rumpun ilmu kesehatan yang rutin diadakan setiap tahun. Dengan mempertandingkan empat cabang lomba, yaitu Essai Ilmiah, Poster Ilmiah, Poster Publik dan Fotografi, TMC diharapkan dapat menjadi sarana bagi para peserta untuk menuangkan gagasan dan kreasi yang memberikan dampak positif langsung dan nyata bagi masyarakat Indonesia.

TMC 2018 mengambil tema “Maternal & Neonatal Health: Immunization and Nutrition.” Pada kompetisi ini, tim mahasiswa FKUI berhasil meraih tujuh prestasi dari tiga kategori, yaitu sebagai Juara 1 Poster Ilmiah atas nama Wani Riselia Sirait (Mahasiswa FKUI angkatan 2015), Naufal Arkan Abbiyu (FKUI 2015) dan Nindya Permata Bunda S. U. (FKUI 2015).

Juara 2 Poster Ilmiah atas nama Alice Tamara (FKUI 2015), Jilly Octoria Tagore Chan (FKUI 2015) dan Tamara Tango (FKUI 2015).

Pada kategori yang sama, tim mahasiswa FKUI juga berhasil meraih Juara 3 Poster Ilmiah atas nama Jeremy Rafael Tandaju (FKUI 2016), Chika C. Tandri (FKUI 2017), dan Jessica Audrey (FKUI 2017).

Sama seperti kategori poster ilmiah, untuk kategori Esai Ilmiah tim mahasiswa FKUI juga berhasil mendominasi dengan meraih juara 1, 2 dan 3 atas nama Andrea Laurentius (FKUI 2016) dan Gede Bagus Yoga Satriadinatha (FKUI 2016) sebagai Juara 1. Lalu sebagai Juara 2 Esai Ilmiah atas nama Davin Nathan Wijaya (FKUI 2017), dan Juara 3 Esai Ilmiah atas nama Marco Raditya (FKUI 2016), Fabiola Cathleen (FKUI 2016) dan Johan Cahyadirga (FKUI 2016).

Pada kategori Poster Publik, Muhammad Erlangga Putra Harimurti (FKUI KKI 2016) berhasil meraih prestasi sebagai Juara 3 atas karyanya yang berjudul “Maksimalkan Tumbuh Kembang Anak.”

Kepada Humas FKUI, Muhammad Erlangga Putra Harimurti atau yang akrab disapa Angga, mengatakan bahwa dengan mengikuti kompetisi ini peserta dapat menuangkan ide-idenya dalam bidang kesehatan dan kedokteran, terutama tentang kesehatan ibu dan anak setelah persalinan, sesuai dengan tema TMC 2018.

“Seperti poster yang saya buat, melalui karya tersebut saya ingin menginformasikan cara-cara yang bisa dilakukan orang tua kepada anaknya untuk membantu tumbuh kembang anak, dan juga mencegah anak terkena penyakit di usia dini yang dapat mengganggu proses tumbuh kembang tersebut,” ujarnya. (Humas FKUI)