Tenaga Kependidikan FKUI Ukir Prestasi

Foto Karyawan Berprestasi copy copy

Dua orang tenaga kependidikan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Grethen Siregar, SE dan Tri Kurnia, S.Si berhasil meraih penghargaan sebagai Tenaga Kependidikan Berprestasi pada Seleksi Tenaga Kependidikan Berprestasi untuk Tenaga Administrasi Akademik, Pengelola Keuangan, dan Laboran tingkat Universitas Indonesia Tahun 2015. Grethen Siregar, SE meraih peringkat pertama sebagai Tenaga Pengelola Keuangan Berprestasi dan Tri Kurnia, S.Si meraih peringkat pertama sebagai Tenaga Laboran Berprestasi. Setelah melalui berbagai seleksi dan penilaian yang berlangsung sejak Februari hingga Mei 2015, keduanya berhasil mengungguli kandidat lainnya yang merupakan perwakilan dari seluruh fakultas yang ada dilingkungan UI.

Banyak aspek penilaian yang harus dilalui Grethen selama proses seleksi sebagai Tenaga Pengelola Keuangan Berprestasi. Yaitu klarifikasi peran pengembangan karya inovatif, wawasan tentang kedalaman substansi pengelolaan keuangan, cara penyampaian ide dan pendapat termasuk media yang digunakan, relevansi jawaban dan kemampuan berargumentasi, kemampuan lisan dalam menjelaskan hingga penilaian sikap.

Setelah melalui itu semua, akhirnya dewan juri memutuskan Grethen Siregar, S.E atau yang akrab disapa Een sebagai peringkat pertama pada kategori Tenaga Pengelola Keuangan Berprestasi tingkat UI Tahun 2015.

Dalam kesehariaan, pengelola keuangan bertugas melaksanakan fungsi administratif seperti pemasok data untuk perencanaan, pelaksanakan dan pengendalian anggaran, pengelolaan data keuangan, pelaporan serta pengadministrasian kegiatan pendukungnya. Itulah sebabnya Tenaga Keuangan Berprestasi diharapkan dapat meningkatkan motivasi secara berkelanjutan di kalangan pengelola keuangan untuk bekerja lebih keras, lebih cerdas dan taat azas dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai salah satu elemen manajemen Perguruan Tinggi Negeri.

Tenaga kependidikan FKUI lainnya yaitu Tri Kurnia, S.Si turut menambah kebanggaan sivitas akademika FKUI. Ia berhasil dikukuhkan sebagai peringkat pertama Tenaga Laboran Berprestasi tingkat UI Tahun 2015. Tri mampu mengungguli kandidat lainnya setelah berhasil meraih nilai tertinggi dari aspek-aspek penilaian yang telah ditentukan seperti aspek pendidikan, integritas, kepribadian, karya prestasi unggulan, materi presentasi dan diskusi kelompok.

Keberadaan laboran saat ini menjadi penting dalam sebuah institusi pendidikan. Tak hanya hard skills, seorang laboran juga dtuntut untuk memiliki soft skills yang memadai. Inisiatif, ketekunan, kreatifitas, kecakapan, keterampilan serta pengetahuan yang luas wajib dimiliki oleh seorang laboran. Hal inilah yang melatar belakangi diselenggarakannya pemilihan tenaga laboran berprestasi. Tanpa adanya komitmen dari para laboran ini, tentunya kegiatan mahasiswa dalam melakukan penelitian tidak akan berjalan lancar.

Dengan prestasi ini, baik Grethen Siregar, S.E maupun Tri Kurnia, S.Si akan mewakili UI dalam ajang Pemilihan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Diktendik) Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2015 sesuai bidangnya masing-masing pada bulan Oktober mendatang.

Prestasi tak henti-hentinya diraih oleh civitas akademika FKUI. Prestasi yang ditorehkan oleh tenaga kependidikan kali ini membuktikan bahwa seluruh civitas akademika FKUI memiliki kesempatan yang sama untuk mengembangkan diri dan menjadi kebanggaan institusi.

Maju terus FKUI! (Mel/Dan/Die)