SOYO, Produk Yogurt Inovasi Karya Mahasiswa FKUI

Siapa yang tidak suka yogurt, minuman fermentasi yang pada umumnya terbuat dari susu sapi? Saat ini, yogurt sudah menjadi konsumsi banyak orang, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Yogurt diketahui bermanfaat untuk melancarkan pencernaan.

Manfaat yogurt bagi kesehatan membuat yogurt kini tak lagi menjadi sekedar makanan pendamping untuk kesehatan, tetapi sudah menjadi sebuah trend gaya hidup. Selain itu, varian rasa yang beragam serta harga jualnya yang cukup terjangkau membuat konsumsi yogurt pada masyarakat semakin meningkat.

Melihat peluang tersebut, lima mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) merilis sebuah produk yogurt dengan bahan baku utama yang berbeda dari yogurt kebanyakan. Adalah Rena Palupi (mahasiswa FKUI angkatan 2015); Fadlika Harinda (FKUI 2015); Sayyidatul Azizah (FKUI 2015); Indriana Hikmatul Maftukhah (FKUI 2015); dan Muhammad Ilham Dhiya Rakasiwi (FKUI 2016), mencetuskan ide untuk membuat yogurt berbahan dasar susu kedelai yang mereka beri nama SOYO (Soy-Yogurt).

SOYO merupakan produk camilan yogurt sehat yang terbuat dari susu kedelai pilihan dengan proses fermentasi yang baik sehingga terjaga kemurnian kandungannya. SOYO diharapkan mampu menjadi camilan sehat pengganti camilan tinggi lemak dan karbohidrat sehingga dapat mengurangi risiko penimbunan kolesterol.

Susu kedelai dipilih menjadi bahan dasar SOYO karena didalam susu kedelai diketahui terdapat kandungan isoflavone yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol total dan LDL (lemak jahat), dengan tidak mempengaruhi kadar HDL (lemak baik) dalam tubuh.

“SOYO adalah produk unggulan bebas kolesterol. Mengkonsumsi SOYO secara rutin dan diimbangi dengan gaya hidup sehat serta olahraga yang teratur, dapat membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh,” ujar Rena Palupi.

Saat ini, SOYO tersedia dalam dua varian rasa yaitu stroberi dan mangga. Masing-masing varian dibuat dengan mencampurkan potongan buah segar asli tanpa bahan pengawet.

Produk inovasi yogurt SOYO yang dikembangkan dibawah bimbingan dr. Erfi Prafiantini, M.Kes ini telah meraih beberapa penghargaan. Antara lain sebagai Juara 1 pada Olimpiade Ilmiah Mahasiswa (OIM) UI 2017 dan Juara 3 pada Liga Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) UI 2017.

Selain itu, saat ini proposal produk yogurt SOYO terpilih sebagai salah satu program kreativitas mahasiswa yang  didanai oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, untuk selanjutnya akan menjalani periode penilaian sebagai kandidat peserta ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2018 kategori Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan (PKM-K) yang akan diselenggarakan September mendatang.

Informasi lebih lengkap tentang SOYO dapat diakses pada akun instagram resmi mereka di @hai.soyo (Humas FKUI)