Sosialisasi Student Support dan Pelatihan Konselor Sebaya

Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia menyelenggarakan kegiatan Seminar Student Support dan Konselor Sebaya pada Sabtu (10/10) lalu di Auditorium Gedung D, Rumpun Ilmu Kesehatan UI, Depok. Kegiatan ini digagas untuk mensosialisasikan student support bagi mahasiswa baru sekaligus memperkenalkan berbagai beasiswa yang tersedia di FKUI, salah satunya adalah Beasiswa Paripurna untuk Bangsa (BPuB).

Tepat pukul 08.30 WIB kegiatan dibuka dengan laporan penyelenggaraan kegiatan dari Penangggungjawab bidang perilaku dan kesejahteraan mahasiswa FKUI, dr. Feranindhya Agiananda, SpKJ(K) yang dilanjutkan dengan sambutan dari Manajer Pendidikan dan Kemahasiswaan FKUI, dr. Nani Cahyani Sudarsono, SpKO. Materi pertama pada seminar ini yaitu mengenai Beasiswa BPuB yang disampaikan oleh mahasiswa FKUI penerima beasiswa BPuB. Sesi ini menjadi sesi yang menarik karena para mahasiswa FKUI penerima beasiswa BpuB berbagi cerita secara detail mengenai manfaat dan pengalaman mereka mendapatkan beasiswa BPuB ini.

Selanjutnya, dr. Nani Cahyani Sudarsono, SpKO turut memperkenalkan BPuB sebagai salah satu bentuk bantuan yang diberikan oleh FKUI. Tentunya dukungan FKUI tidak hanya mengenai masalah finansial, tapi juga dalam bentuk psikologis dan fasilitas. Oleh karena itu, beliau berharap tidak ada mahasiswa FKUI yang putus studi akibat masalah finansial. Dalam kesempatan ini juga, dr. Nani mengumumumkan tiga mahasiswa angkatan 2014 yang terpilih mendapatkan beasiswa BPuB yaitu Andi Puji Pratiwi, Ilham Hidayat Restu Tulus Maha, dan Yully Astika Nugrahayning Aziza. Pengumuman ini sekaligus sebagai penanda dibukanya kembali penerimaan BPuB bagi mahasiswa angkatan 2015. dr. Feranindhya berharap dengan banyaknya peluang beasiswa untuk mahasiswa FKUI dapat semakin meningkatkan semangat para mahasiswa dalam menyelesaikan masa belajarnya tepat waktu dan dengan nilai yang baik.

Sesi seminar kemudian ditutup dengan presentasi materi yang disampaikan oleh tim pembimbing akademik dan konseling kemahasiswaan FKUI. Materi pertama yaitu mengenai “Peran Pembimbing Akademik” yang dibawakan oleh Koordinator Pembimbing Akademik FKUI, Dr. dr. Anna Rozaliyani, M. Biomed, SpP dan dilanjutkan dengan presentasi mengenai “Beasiswa di FKUI” yang disampaikan oleh Departemen Kesejahteraan Mahasiswa BEM IKM FKUI. Berikutnya, materi mengenai Tim Konseling dari Ketua Tim Konseling FKUI, dr. Petrin Redayani, SpKJ, MPd.Ked dan materi terakhir yang disampaikan kepada pada peserta seminar adalah “Sistem Student Support FKUI yang dipresentasikan oleh dr. Feranindhya Agiananda, SpKJ(K).

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pelatihan konselor sebaya yang mana perwakilan tiap angkatan akan dilatih untuk cermat mengamati dan mendeteksi perubahan negatif atau kesulitan yang dialami teman-teman seangkatannya. Hal ini dilakukan untuk menghindari potensi kesulitan yang tidak terungkap dalam menjalani perkuliahan bagi para mahasiswa FKUI. Para konselor yang telah dilatih ini nantinya diharapkan dapat menjadi teman bercerita dan bertukar pikiran bagi mahasiswa yang mengalami kesulitan selama masa sekolahnya.

Pelatihan diawali dengan penyampaian beberapa materi seperti materi “Mengenal Masa Remaja dan Dewasa Awal” yang disampaikan oleh dr. Profitasari Kusumaningrum, SpKJ. Materi mengenai “Mengenal dan Mendeteksi Permasalahan Mahasiswa” oleh dr. Feranindhya Agiananda, SpKJ(K) dan materi terakhir yaitu mengenai “Bimbingan dan Konseling bagi Mahasiswa Kedokteran” yang dipresentasikan oleh dr. Petrin Redayani, SpKJ(K), MPd.Ked. Sesi ini kemudian ditutup dengan Role Play Konseling. Seluruh peserta dibagi dalam 4 kelompok dan bermain peran sebagai konselor dan mahasiswa.

Seminar dan pelatihan ini diharapkan dapat menambah semangat para mahasiswa dalam menjalani perkuliahan. FKUI akan mendukung dan membantu seluruh kebutuhan dan kemungkinan permasalahan yang akan dihadapi para mahasiwa. Student support diharapkan dapat dengan maksimal mendukung berbagai kebutuhan perkuliahan mahasiswa, baik dari segi finansial, psikologis, dan fasilitas. (Mel/Die)